Selasa 04 Jun 2013 15:17 WIB

Uji Keaslian Madu, Ini Kiatnya

Rep: Reiny Dwinanda/ Red: Endah Hapsari
Madu (ilustrasi)
Foto: suebee.com
Madu (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Madu asli relatif sulit didapat. Bagaimana membedakan yang asli dengan campuran? ''Ada banyak trik yang dikenal masyarakat namun yang benar cuma satu,'' kata Ahmad Tamin M, peternak lebah madu.

Ada yang menguji keaslian madu dengan meneteskannya di atas kertas koran. Kalau merembes, madu dikatakan asli. ''Pendapat ini keliru,'' ujar Ahmad.

Sebagian orang juga mencoba menguji keaslian madu dengan membiarkannya terbuka. Madu asli diyakini tidak akan dikerubuti semut. ''Yang ini juga kurang benar,'' ucap Ahmad.

Ada pula yang mengujinya dengan mengoleskan madu pada pucuk korek api, lantas coba dinyalakan. Cara lainnya ialah dengan membakarnya di atas sendok untuk melihat ada tidaknya nyala api sebagai tanda keaslian. ''Sayangnya, cara tersebut masih belum terbukti keakuratannya,'' cetus Ahmad.

Lalu, bagaimana cara jitu menerka keaslian madu? Uji saja dengan kuning telur. ''Campurkan dua sendok madu lantas kocok. Jika kuning telur tampak mengkristal seperti matang, itu tandanya madu asli,'' Ahmad berbagi tips. Menurut Ahmad, madu sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas. Cukup tempatkan di wadah tertutup rapat dan letakkan di suhu kamar. ''Kalau cara penyimpanannya benar, madu dapat tahan hingga empat sampai lima bulan.''

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement