Monday, 26 Zulhijjah 1435 / 20 October 2014
find us on : 
  Login |  Register

Agar Tangga Tampil Cantik dan Aman

Friday, 17 May 2013, 13:35 WIB
Komentar : 4
st.houzz.com
Tangga cantik dan aman/ilustrasi
Tangga cantik dan aman/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Tak cuma sebagai alat penghubung antara lantai satu, dua, dan seterusnya, tangga juga berfungsi sebagai elemen interior yang mempengaruhi penataan ruangan secara keseluruhan. Itu artinya, tangga memang layak mendapat perhatian dan sentuhan khusus. Seperti halnya elemen interior lainnya, tangga pun perlu tampil cantik. Dengan begitu, keberadaannya bisa ikut memperindah ruangan. Tapi, cantik saja tak cukup. Tangga pun perlu dibuat sedemikian rupa supaya aman. 

Apalah artinya tangga yang cantik, jika ia berpotensi mencelakaan Anda dan anggota keluarga yang lain. Dalam hal ini, memang ada beberapa 'jurus' yang perlu Anda mainkan untuk menghadirkan tangga yang cantik sekaligus aman. Untuk mempelajari 'jurus' itu, simak saja beberapa saran dari seorang arsitek, Ir Suripto berikut ini. Pertama soal bahan. Menurut Suripto, ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat tangga yaitu: beton, kayu, dan besi. ''Terserah pemiliknya dan tergantung selera,'' kata pria yang memimpin sebuah perusahaan jasa konsultan arsitektur di Jakarta ini. 

Hal yang perlu digarisbawahi, lanjut Suripto, adalah lebar tangga minimal 60 cm, sementara ukuran idealnya sekitar 1,2 m. Ketinggian pijakan anak tangga diusahakan berukuran 18 cm hingga 20 cm, sedangkan lebar pijakan kaki minimal 30 cm. Untuk menghindari kecelakaan akibat tajam dan licinnya posisi pertemuan anak tangga, sebaiknya dipasang step moving dengan menggunakan karet atau keramik. ''Minimal diatur secara adu manis. Kayu juga bisa dipakai terutama profil bulat. Di sisi yang lancip ditempel ujung ke ujung.'' 

Lebih jauh, lulusan teknik arsitektur sebuah universitas swasta di Jakarta ini menyarankan, sebaiknya tangga juga memakai bordes sebagai tempat istirahat sesaat ketika naik tangga, sekaligus untuk mempercantik bentuk tangga. Lebar bordes minimal 1,20 x 1,0 m. ''Saya sangat tak menyarankan bentuk tangga yang lurus ke atas tanpa adanya bordes,'' jelasnya. 

Bagaimana dengan pegangan tangga? Ini juga tergantung selera sang pemilik rumah. Hanya saja, faktor kerapatan jarak pagar harus diperhatikan. Lagi-lagi, selain demi keindahan, ini juga menyangkut soal keamanan. ''Jika tangga terbuat dari kayu, pegangan tangga bisa dari kayu. Jika dari beton, bisa menggunakan kombinasi kayu dan besi.'' Dan satu hal lagi, untuk pemakaian lantai tangga dengan keramik, sebaiknya gunakan keramik bertekstur kasar. ''Tapi jika tetap mau keramik licin, jangan lupa memasang step moving.'' 

Reporter : Nina Chairani
Redaktur : Endah Hapsari
Sesungguhnya seorang pemimpin itu merupakan perisai, rakyat akan berperang di belakang serta berlindung dengannya. Bila ia memerintah untuk takwa kepada Allah azza wa jalla serta bertindak adil, maka ia akan memperoleh pahala. Namun bila ia memerintah dengan selainnya, maka ia akan mendapatkan akibatnya.(HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Adik Presiden Obama Kirim Video Ucapan Selamat untuk Jokowi
 Presiden Obama mengirim delegasi khusus guna menghadiri upacara pengambilan sumpah pelantikan Presiden Indonesia Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. Sementara diaspora Indonesia di Amerika...

Berita Lainnya

Kapan Kenalkan Uang pada Anak?