Rabu 06 Mar 2013 16:14 WIB

Ini Dia Cara Pakai Setrika Uap yang Pas

Rep: Desy Susilawati/ Red: Endah Hapsari
Setrika uap/ilustrasi
Foto: asklubo.com
Setrika uap/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Menyetrika kini tak hanya bisa dilakukan di atas papan setrikaan. Teknologi membuat pekerjaan domestik ini menjadi lebih mudah dengan bantuan setrika uap yang dipakai vertikal.

Namun, penggunaan setrika jenis ini masih terbatas. Penggunanya sebatas outlet mode untuk menyetrika pakaian yang sebelumnya dicoba pelanggan dan akhirnya tak jadi dibeli. 

Maria Veronica Simanjuntak, marketing manager of consumer lifestyle PT Philips Indonesia, mengatakan, setrika uap seperti itu memang belum familiar di banyak rumah tangga Indonesia. “Lain dengan dry iron yang sudah eksis sejak 50 tahun lalu,” kata dia.

Padahal, menggunakan steam iron tergolong mudah. Pertama, kata Veronica, gunakan setrika ini secara vertikal. Letak mesin penghasil uap harus ada di lantai atau lebih rendah dari ujung corong tempat uap keluar. 

“Harus di bawah karena uap harus naik,” katanya. Jika mesin diletakkan di atas meja dan sejajar dengan ujung corong, uap tidak bisa naik. Menyetrika pun menjadi sia-sia. 

Kedua, sambung dia, tidak semua pakaian bisa dilicinkan dengan setrika ini. Busana yang berpayet atau berbahan sutra, seperti kebaya, tidak cocok disetrika secara ini. Steam iron lebih berguna pada pakaian sehari-hari. 

Veronica berujar, setrika ini berguna sebagai pelengkap perangkat domestik. Setrika tersebut juga lebih nyaman digunakan karena tidak membutuhkan papan setrikaan untuk membantu kerja. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement