Kamis, 29 Zulhijjah 1435 / 23 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Ini Dia Cara Pakai Setrika Uap yang Pas

Rabu, 06 Maret 2013, 16:14 WIB
Komentar : 3
asklubo.com
Setrika uap/ilustrasi
Setrika uap/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Menyetrika kini tak hanya bisa dilakukan di atas papan setrikaan. Teknologi membuat pekerjaan domestik ini menjadi lebih mudah dengan bantuan setrika uap yang dipakai vertikal.

Namun, penggunaan setrika jenis ini masih terbatas. Penggunanya sebatas outlet mode untuk menyetrika pakaian yang sebelumnya dicoba pelanggan dan akhirnya tak jadi dibeli. 

Maria Veronica Simanjuntak, marketing manager of consumer lifestyle PT Philips Indonesia, mengatakan, setrika uap seperti itu memang belum familiar di banyak rumah tangga Indonesia. “Lain dengan dry iron yang sudah eksis sejak 50 tahun lalu,” kata dia.

Padahal, menggunakan steam iron tergolong mudah. Pertama, kata Veronica, gunakan setrika ini secara vertikal. Letak mesin penghasil uap harus ada di lantai atau lebih rendah dari ujung corong tempat uap keluar. 

“Harus di bawah karena uap harus naik,” katanya. Jika mesin diletakkan di atas meja dan sejajar dengan ujung corong, uap tidak bisa naik. Menyetrika pun menjadi sia-sia. 

Kedua, sambung dia, tidak semua pakaian bisa dilicinkan dengan setrika ini. Busana yang berpayet atau berbahan sutra, seperti kebaya, tidak cocok disetrika secara ini. Steam iron lebih berguna pada pakaian sehari-hari. 

Veronica berujar, setrika ini berguna sebagai pelengkap perangkat domestik. Setrika tersebut juga lebih nyaman digunakan karena tidak membutuhkan papan setrikaan untuk membantu kerja. 

 

Reporter : Desy Susilawati
Redaktur : Endah Hapsari
Rasulullah SAW bersabda:"Barangsiapa yang berwudhu lalu menyempurnakannya, lunturlah dosa-dosanya hingga keluar dari bawah kuku-kukunya."( HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Zulkifli Hasan: Halal Itu Budaya Indonesia
JAKARTA -- Predikat negara dengan penduduk mayoritas Islam terbesar di dunia, membuat produk halal menjadi sesuatu yang penting di Indonesia. Bahkan Ketua MPR...