Jumat , 01 February 2013, 13:42 WIB

Ingin Mewarnai Rambut? Ini Cara yang Sehat

Red: Endah Hapsari
efashionbeautytips.com
mengecat rambut. Ilustrasi
mengecat rambut. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Mewarnai rambut memang sedang digandrungi banyak wanita. Jika Anda pun termasuk salah satu dari mereka, maka Anda perlu memerhatikan sejumlah hal. Memilih warna cat rambut misalnya, tak boleh sembarangan. Salah pilih warna, bisa membuat Anda tak percaya diri lho. Nah, agar hal itu tak terjadi, cermati sejumlah tips seputar mewarnai rambut berikut ini.

* Sesuaikan dengan warna kulit. Kalau Anda putih atau terang, bisa memilih semua warna cat rambut. Kulit kekuningan atau kecokelatan lebih cocok dengan warna-warna hangat seperti bronze, copper, atau mocca.

* Suka dengan warna-warna rambut nan mencolok seperti pink atau biru yang kerap dipakai para artis? Walau suka, belum tentu cocok untuk Anda lho, apalagi jika Anda termasuk wanita berkepribadian pemalu atau feminin.

* Pastikan, warna cat rambut pilihan Anda membuat Anda tampil lebih memukau dan bercahaya. Bukan sebaliknya, menjadi kusam dan tampak aneh.

* Jika rambut Anda belum pernah diwarnai sebelumnya, sebaiknya lakukan pewarnaan di salon agar hasilnya maksimal.

* Jangan lupa, tes dulu untuk mengetahui tingkat sensitivitas kulit terhadap zat kimia pewarna rambut. Jika tak menimbulkan alergi, lakukan proses selanjutnya.

Setelah rambut tampil dengan warna baru, bukan berarti urusan selesai. Setelah itu, Anda mesti rajin melakukan perawatan agar cat rambut tak mudah luntur dan rambut tetap sehat. Beberapa jenis perawatan yang perlu Anda lakukan antara lain:

* Creambath sedikitnya dua minggu sekali. Nutrisi pada krim creambath akan merawat batang rambut yang sudah terkena zat kimia pewarna rambut.

* Setelah menggunakan shampo, jangan lupa balurkan kondisioner. Berkat kondisioner, kelembaban rambut akan senantiasa terjaga.

* Vitamin rambut? Ini juga tak kalah penting, agar rambut Anda terhindar dari ancaman kerusakan permanen seperti rambut bercabang.

* Tak cuma nutrisi rambut buatan pabrik. Anda juga bisa menutrisi rambut dengan bahan alami yang ada di rumah. Misalnya, buah alpukat. Caranya?
Haluskan buah alpukat, lalu balurkan pada rambut yang telah bersih. Buah alpukat ampuh untuk melembabkan rambut. Cukup lakukan satu minggu sekali.