Senin 07 Oct 2013 11:07 WIB

Kenapa Sih Orang Suka Berciuman?

Pasangarn suami istri (ilustrasi).
Foto: Wordpress.com
Pasangarn suami istri (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Assalamualaikum wr wb

Bunda sayang, 

Aku murid kelas 6 SD. Umurku 11 tahun. Bun, Silmi bingung, kenapa sih orang suka ciuman? Memangnya, berciuman itu dilarang ya? Kalau ya, terus ciuman itu bolehnya pas umur berapa dong? Ciuman itu salah atau tidak? Sekali lagi ini terlepas dari soal agama lho. Tolong jawab pertanyaan Silmi ya Bunda. Thank you.

Silmi, Bekasi

 

Waalaikumussalam wr wb

Silmi yang Bunda sayangi,

Ciuman adalah bagian dari adegan seksual yang diperuntukkan hanya untuk orang dewasa, karena hanya orang dewasa yang sudah menikahlah yang boleh saling berciuman.

Tapi sebetulnya, ciuman itu bermacam-macam lho Nak. Ada cium tangan, cium pipi, cium kening, dan cium bibir. Tapi karena Silmi tidak menanyakan satu ciuman secara khusus, jadi Bunda akan mencoba untuk menjawab ciuman secara umum saja ya. Sebetulnya, terlepas dari soal agama atau tidak, ciuman itu sama sekali tidak dilarang dan boleh-boleh saja dilakukan, karena memang mencium adalah salah satu cara mengekspresikan kasih sayang. Buktinya bisa kita lihat misalnya ibu yang mencium anak-anaknya, kakak yang mencium adiknya, dan juga suami yang mencium istrinya. 

Hanya saja, sekarang ini, ciuman antar lawan jenis lebih sering dipamerkan di depan umum, sama seperti di film yang ditarik dari peredaran itu. Padahal, ciuman seperti itu bukan untuk diperlihatkan ke orang lain, di mana anak-anak seperti Silmi jadi bisa melihatnya juga. Dan Bunda sangat menyayangkan bahwa hal itu bisa terjadi. Semoga suatu saat semua orang yang terlibat dalam membuat sebuah film dan termasuk lembaga sensor filmnya bisa lebih berhati-hati dalam menayangkan atau memberikan izin untuk menayangkan hal-hal yang tidak pantas dilihat oleh anak-anak di bawah umur. Karena Sil, kalau anak-anak seusia Silmi terlalu banyak melihat hal-hal yang seperti itu, malah bisa merusak otak kalian, hiii ... serem kan?

Ciuman yang diberikan ibu kepada anaknya, boleh diberikan kapan saja, di mana saja, dan kepada anaknya yang berusia berapa saja. Semakin banyak ciuman yang diberikan seorang ibu kepada anaknya, justru lebih baik, jadi anaknya selalu tahu bahwa ibunya sangat menyayanginya, begitu pula sebaliknya antara anak dan ibunya.

Tapi, kalau ciuman antar lawan jenis itu, sopannya dilakukan oleh mereka yang sudah menikah, dan tidak pantas dilakukan di tempat umum. Karena, ciuman itu bisa berlanjut kepada hal-hal yang lebih jauh lagi, hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh orang-orang yang belum menikah. Jadi sebetulnya Sil, tidak ada batasan usia untuk orang boleh ciuman apa tidak, semua tergantung pada siapa ciuman itu dilakukan, dan halal atau tidak. Semoga jawaban Bunda memuaskan. Jaga diri baik-baik ya Sil.

sumber : Rubrik Konsultasi Buah Hati
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement