Rabu 05 Feb 2014 10:04 WIB

Tips Atasi Bibir Kering

Rep: Nora Azizah/ Red: Endah Hapsari
Bibir kering dan pecah-pecah/ilustrasi
Foto: makeupandbeauty.com
Bibir kering dan pecah-pecah/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk menjaga kelembaban bibir, penggunaan pelembab bibir atau lip balm akan sangat membantu. Pelembab bibir membuat bibir terlihat segar. “ Lip balm menjaga kelembabannya,” kata Ivone Chandra, training and make up artist Etude House Indonesia.

Sebelum memberikan aplikasi lipstik, sebaiknya gunakan pelembab bibir terlebih dahulu. Kemudian, timpa dengan warna lipstik yang sedikit cerah, namun segar. Pilihan warna oranye menjadi paling pas. Pasalnya, warnanya cenderung mencerahkan dan tidak mencolok. Oranye juga memberikan kesan segar dan menyamarkan kulit bibir yang kering. Cocok pula dengan kulit perempuan Asia.

Setelahnya, bisa menggunakan penambahan lip glossuntuk kesan mengilap. Pilih varian lip gloss yang tidak menghasilkan warna. Sebab, warna bibir sudah muncul dari lipstik yang digunakan. Bubuhkan secukupnya pada bibir. Atau, bila ingin menggunakan lip gloss berwarna, tak perlu gunakan lipstik. Gunakan yang berwarna oranye atau merah muda.

Bila warna bibir cenderung kehitaman, netralkan dulu dengan sejenis krim penetral bibir sebelum memoles lipstik atau lip gloss. “Fungsinya untuk membuat warna bibir menjadi lebih muda,” lanjut Ivone. Kemudian, barulah berikan sentuhan pewarna bibir. Hasilnya, warna akan lebih bagus terlihat. Agar bibir tetap sehat dan tidak pecah-pecah, minumlah air putih secukupnya. Jangan lupa mengonsumsi buah-buahan dan sayuran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement