Senin 03 Jun 2013 09:44 WIB

Agar Anak Hobi Baca Buku

Anak baca buku/ilustrasi
Foto: telegraph.co.uk
Anak baca buku/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Bagaimana membuat si kecil cinta buku? Setidaknya, menurut pakar, ada lima tahap yang bisa dilakukan agar anak menyenangi kegiatan membaca, yakni:

* Tahap fantasi. Pada tahap ini, anak diberikan buku-buku cerita kesukaannya. Bisa kartun, cerita rakyat, atau apa pun. Pada tahap ini, orang tualah yang harus membaca, bukan si anak. Fungsi anak di sini hanya mendengarkan cerita orang tuanya. Biarkanlah anak berfantasi dan berimajinasi dari cerita yang dibacakan orang tuanya.

* Tahap pembentukan konsep diri. Pada tahap ini banyak tipe anak yang berbeda-beda dalam proses membaca buku. Ada anak yang pura-pura atau terkesan serius dalam membaca, padahal ia tidak mengerti apa isi buku itu; ada anak hanya membolak-balik buku lalu membuangnya. Nah, dalam tahap ini orang tua harus mengerti tingkah laku anak. Biarkanlah anak menentukan sendiri apa yang harus mereka lakukan terhadap buku yang dibacanya.

* Tahap membaca gambar. Pada tahap ini, mulailah ajarkan anak huruf-huruf alfabet. Pola pengajarannya adalah dengan melambangkan huruf-huruf alfabet dengan hal-hal yang disukai anak. Misalnya, mengidentikkan huruf M dengan mawar, atau huruf D dengan Doraemon.

* Tahap pengenalan bacaan. Mulailah ajarkan anak cara-cara menyambung huruf. Pada tahap ini orang tua harus mensimulasikan bacaan-bacaan tertentu pada anak.

* Tahap membaca yang sesungguhnya. Dalam tahap ini anak sudah bisa diajarkan mengeja, dan dikenalkan tanda-tanda baca serta makna atau arti tanda baca itu.

 

Untuk mendeteksi kelima tahapan itu, jelas Yuliani, orang tua harus jeli dalam mengamati, mengeksplorasi kemampuan anak. Sambil belajar membaca, orang tua juga bisa mengembangkan setiap potensi anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement