Rabu 20 Aug 2014 10:06 WIB

Kebiasaan Makan Ayah Pengaruhi Kesehatan Bayi

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Agung Sasongko
Kesehatan bayi
Foto: Antara
Kesehatan bayi

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- ROLers, tahukah Anda bahwa apa yang dimakan seorang pria ternyata akan memengaruhi kesehatan dan perkembangan anak yang lahir sepanjang hidupnya? Maggie Simpson memiliki IQ 158 atau di kisaran jenius, sayangnya tahun demi tahun pertumbuhan tubuhnya terhambat.

Ternyata itu disebabkan sang ayah, Maggie Homer adalah pria yang suka minuman alkohol, suka makan daging setengah matang, dan banyak mengonsumsi gula. Lalu, bagaimana diet seorang pria bisa memengaruhi kesehatan calon bayinya?

Dilansir dari Share Care, Rabu (20/8), gen yang terkandung dalam sperma dapat menjadi aktif atau nonaktif ketika berhadapan dengan masalah obesitas, kekurangan gizi, resistensi insulin, stres, hingga penyakit kronis lainnya. Pesan genetik dai tubuh sang ayah akan diteruskan melalui spermanya ke embrio pada saat terjadi pembuahan.

Setelah si anak lahir, maka sperma yang mengandung gen rusak tadi akan memegaruhi metabolisme anak, sehingga membuat anak menderita penyakit dikemudian hari, termasuk diabetes dan kanker. Tim dokter memberikan sejumlah saran untuk mengantisipasi pewarisan gen rusak ini, ditekankan kepada calon ibu.

Pertama, konsumsi multivitamin prenatal harian. Pastikan Anda mendapatkan 400mcg folat sehari untuk menghindari cacat lahir, seperti spina bifida.

Kedua, perbanyak konsumsi omega-3 DHA (900mg) untuk mata dan perkembangan otak bayi. Ini juga meningkatkan kemungkinan berhasilnya pembuahan.

Ketiga, hindari makan daging merah alias setengah matang, lemak trans dan lemak jenuh, serta kurangi minum sirup dan mengonsumsi gula. Keempat, sebaiknya Anda memperbanyak makan biji-bijian. (Mutia Ramadhani)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement