Kamis 10 Jul 2014 18:28 WIB

3 Cara Membuat Si Sulung Siap Punya Adik (3-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Nidia Zuraya
Ibu hamil
Ibu hamil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Si sulung telah menerima segala cinta dan perhatian sejauh ini dari Anda. Namun sekarang Anda hamil lagi sehingga akan terjadi lebih banyak perubahan ke depannya. Setelah bayi kedua Anda lahir, Anda pasti memberikan lebih banyak waktu untuknya, mulai dari makan, menenangkannya jika menangis, dan memberikan lebih banyak cinta. Ini pastinya akan mengejutkan si sulung. Jadi, jangan salahkan dia jika suatu saat merasa kesal.

Kabar baiknya adalah Anda harus membantu si sulung mempersiapkan anggota baru dalam keluarganya. Bagaimana caranya? Berikut pemaparannya, dilansir dari Mother and Baby, Kamis (10/7).

3. Persiapan praktis

Dalam kondisi hamil, berbagilah waktu untuk merawat si sulung dengan suami Anda. Khususnya ketika Anda merasakan kelelahan berat menjelang melahirkan. Misalnya, biarkan anak Anda terbiasa melakukan perjalanan akhir pekan dengan ayahnya saja, atau membiarkan ayahnya yang membacakan dongeng sebelum tidur, tidak melulu dengan Anda.

Anda juga perlu menentukan siapa yang akan merawat si sulung ketika Anda melahirkan. Berikutnya, bergaullah dengan teman-teman Anda yang juga memiliki bayi. Biarkan si sulung melihat teman Anda menyusui bayinya, sebab nanti Anda juga akan melakukan hal yang sama. Tunjukkan pada si sulung bahwa adiknya kelak juga akan menangis, tidur, dan harus diberikan makan.

Hindari perubahan besar rutinitas Anda segera sebelum kelahiran. Jika Anda berencana untuk membiasakan si sulung ke kamar kecil untuk buang air sendirian, maka mulailah jauh hari supaya dia tidak merasa gelisah dan terkesan dipaksa melakukannya lantaran ada saudara baru yang akan datang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement