Kamis 03 Jul 2014 09:06 WIB

Ini Manfaat Lebih Menyusui Bagi Ibu dan Anak (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Ibu menyusui
Foto: momrising.org
Ibu menyusui

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semua orang tentu sepakat bahwa Air Susu Ibu (ASI) adalah yang terbaik bagi bayi. Namun, apa saja sebenarnya manfaat menyusui atau memberikan ASI eksklusif kepada bayi Anda? 

Berikut pemaparannya, dilansir dari Mother and Baby, Kamis (4/7).

1. Mendekatkan ibu dan bayi

Tingginya tingkat hormon oksitosin atau hormon cinta akan terjadi ketika Anda menyusui. Ini dikaitkan dengan perasaan sayang ibu pada bayinya. Ini akan membuat seorang ibu akan sangat protektif pada bayinya.

2. Mengurangi risiko kanker payudara

Menyusui akan menurunkan kemungkinan Anda terkena kanker payudara sebelum Anda mencapai usia menopouse. Semakin lama Anda menyusui, maka payudara Anda akan semakin terlindungi.

3. Meningkatkan kekuatan otak

Bila Anda menyusui, Anda akan melindungi sel-sel otak Anda dan membantu mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer dikemudian hari. Hal ini karena ASI meningkatkan sensitivitas insulin yang menyebabkan penyakit lupa. 

Penelitian lain juga mengungkapkan ibu menyusui akan tidur rata-rata 45 menit lebih lama ketimbang wanita yang tidak menyusui.

4. Melindungi sendi

Jika Anda menyusui total 12 bulan atau lebih, maka Anda dapat mengurangi risiko penyakit rheumatoid arthritis. Semakin lama Anda menyusui maka semakin rendah risiko Anda menderita penyakit ini.

5. Menurunkan berat badan

Memproduksi susu akan meningkatkan kebutuhan energi wanita. Sehingga menyusui menciptakan potensi untuk menurunkan berat badan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement