Rabu 23 Apr 2014 15:32 WIB

Apa Sih Kebutuhan Bayi yang Baru Lahir?

Bayi baru lahir membutuhkan kenyamanan.
Foto: Reuters
Bayi baru lahir membutuhkan kenyamanan.

REPUBLIKA.CO.ID, Suasana gembira menyambut kedatangan bayi dari rumah sakit. Tetapi, di hari-hari awal bayi di rumah biasanya ibu dan ayah masih kebingungan.

Apa sih maunya si warga baru ini?

Penelope Leach PhD, ahli psikologi anak yang terkenal dari Inggris memberikan beberapa tips tentang apa saja yang dibutuhkan bayi, ibu, dan sang ayah pada hari-hari pertama itu.

Kebutuhan bayi yang baru lahir, menurut Leach, masih sedikit, sederhana, tapi sifatnya berulang. Mereka memerlukan makanan dan minuman yang ada dalam kolostrum, dan susu.

Mereka memerlukan kehangatan dan kenyamanan dari pelukan, atau pakaian yang lembut dalam tempat tidur yang aman. Mereka memerlukan kebersihan agar kulit lembut mereka tidak lecet, dan mereka memerlukan perlindungan dari dunia luar.

''Jangan buru-buru khawatir terhadap perawatan rutin seperti mandi, pakaian tidur khusus,'' kata psikolog yang menulis beberapa buku tentang perkembangan anak dan parenting yang laku kelas di beberapa negara itu.

Yang utama, tak perlu memaksakan rutinitas waktu makan, istirahat, dan tidur malam. Bayi yang baru lahir tidur-tidur ayam lebih banyak ketimbang tidur pulasnya. Mereka juga menyusu sedikit tetapi sering.

Leach mengingatkan, Anda tak bisa memenuhi kebutuhan mereka dengan mengharapkan mereka dengan beberapa kali waktu makan dan bermain atau tidur dengan tenang selama beberapa jam.

''Pada hari-hari pertamanya di rumah, kebutuhan bayi Anda adalah Anda, ASI, dan kenyamanan,'' ujar Leach. Karena itu, selimuti bayi Anda, gendonglah ke dekat dada, beri ASI saat ia lapar, berbicaralah padanya ketika matanya menatap mata Anda.

Berilah dia kenyamanan dan kedamaian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement