Senin 14 Apr 2014 17:57 WIB

Jalin Kelekatan dengan Bayi Lewat Cara Ini

Bayi belajar mengenali isyarat-isyarat sosial dengan melihat ke mata orang lain
Foto: AP
Bayi belajar mengenali isyarat-isyarat sosial dengan melihat ke mata orang lain

REPUBLIKA.CO.ID, Menjalin kelekatan dengan bayi yang baru dilahirkan tak selalu mudah. Meski, terlahir dari rahim sendiri seorang ibu juga ayah tetap membutuhkan sejumlah cara untuk memiliki kelekatan dengan bayinya.

Laman raisingchildren memiliki sejumlah ide yang bisa digunakan orang tua untuk membantu membangun kelekatan dengan bayinya yang baru lahir.

Coba berpelukan dengan bayi di sisi kiri dada Anda. Ini agar bayi bisa mendengar detak jantung orang tua. Bayi akan menemukan hal ini menyenangkan dan nyaman, sekaligus baik untuk menjalin kelekatan.

Cara lain adalah dengan kontak kulit dengan kulit atau skin-to-skin. Salah satu bentuk kontak ini adalah dengan melakukan pijat bayi. Pijatan dari orang tua ke bayi membuatnya merasa nyaman. Tambahkan beberapa tetes minyak yang aman bila tertelan saat memijat. Misalnya, minyak zaitun atau minyak kacang almond.

Orang tua disarankan untuk memandang ke mata bayi ketika berbicara. Gunakan pula ekspresi wajah saat mengobrol. Cara ini akan membantu bayi memelajari hubungan antara kata-kata dan perasaan.

Pakar mengatakan, bayi menyukai mendengar suara yang seperti menyanyi ketimbang omongan seperti orang dewasa. Karena itu coba gunakan suara yang agak bernyanyi ketika berbicara dengan bayi.

Membacakan buku dan bercerita pada bayi sejak lahir juga membantu meningkatkan jalinan kelekatan antara orang tua dan bayi. Bayi suka mendengar suara dan ritme suara orang tuanya selama waktu istimewa ini.

Berbicara dengan bayi sepanjang hari juga akan sangat membantu. Orang tua bisa memberi nama mainan-mainan dan benda-benda di sekelilingnya. Sebagai contoh, ''lihat ini kaus kaki adik, kita akan meletakknya di kaki adik, iya kan dik?''

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement