Senin 14 Apr 2014 15:45 WIB

Aplikasi yang Memudahkan Orang Tua (2-Habis)

.
Foto: appaddict.net
.

REPUBLIKA.CO.ID, Orang tua mengenakan banyak topi ketika berurusan dengan anaknya. Mulai dari menjadi penjaga waktu, pemberi uang, dan polisi perilaku anak.

Tak heran kalau sejumlah orang tua membutuhkan bantuan ketika mengurus anaknya. Salah satu bantuan itu adalah melalui aplikasi yang bisa diunduh ke tablet atau telepon cerdas.

Aplikasi bisa membantu orang tua, seperti mengajarkan anak tidur, pergi ke belakang, sampai menyampaikan cerita sebelum tidur. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan orang tua, seperti dikutip dari USA Today :

4. Kiddie

(Kiddie App, cocok untuk anak 2-5 tahun, gratis, bisa untuk iPhone, iPod Touch, dan iPad)

Aplikasi gratis ini berisi cerita tentang karakter hewan bernama Kiddie yang sedang bersiap-siap tidur. Menggunakan frase yang lucu dan berlagu, aplikasi ini menarik anak-anak dalam proses menidurkan Kiddie.

Anak bisa menyentuh selimut Kiddie dan menyalakan tablet Kiddie sehingga orang tuanya bisa membacakannya cerita sebelum tidur. Cerita-cerita di dalam aplikasi juga mengandung lagu. Dengan tambahan 2,99 dolar AS, ortu bisa membeli tambahan cerita interaktif tentang Kiddie. Misalnya, tentang belajar ke belakang, belajar makan, dan banyak lagi.

5. Achieve It With Sesame Street

(Sesame Street, cocok untuk anak 3-5 tahun, gratis, bisa untuk iPhone, iPod Touch, iPad, dan Android)

Elmo akan menampilan beberapa tantangan finansial yang bisa dilakukan orang tua dan anak, tanpa menggunakan gadget. Contohnya, tantangan tentang koin, memberikan uang saat orang tua membayar di kasir, atau melihat mesin ATM. Untuk tiap tantangan, Elmo meminta foto selama tantangan itu.

Tantangan yang selesai akan dihargai dengan stiker, atau terbukanya kunci video Sesame Street tentang topik finansial. Dengan memainkan tantangan-tantangan tersebut dengan anak, orang tua berkesempatan mendiskusikan perbedaan antara keinginan dan kebutuhan, juga mengapa orang harus bekerja untuk menghasilkan uang, dan ada tiga bagian menabung, yaitu untuk digunakan, untuk dibagi, dan untuk jangka panjang.

6. PiggyBot

(BancVue, Ltd, cocok untuk anak usia 5-14 tahun, gratis, bisa untuk iPhone, iPod Touch, dan iPad)

Aplikasi ini membantu anak menjaga uang jajannya dengan mudah. Aplikasi ini juga mengenalkan anak konsep menabung yang benar. Lewat aplikasi orang tua bisa membuat profil bagi beberapa anak dan mereka semua menaruh catatannya di satu tempat. Anak juga bisa mengatur tujuan, sehingga mereka bisa melihat bagaimana cara menabung untuk sesuatu yang mereka inginkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement