Jumat 04 Apr 2014 14:53 WIB

Riset IPB: Minyak Sereh Aman Bagi Bayi

Bayi merangkak
Foto: blogspot.com
Bayi merangkak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Riset yang dilakukan peneliti Institut Pertanian Bogor menunjukkan minyak sereh atau citronella oil aman bagi bayi dalam penggunaan sebagai obat herbal.

Presiden Direktur PT Barclay Products (Tempo Scan Group) Phillips Gunawan di Jakarta, Jumat (4/4), mengatakan berbagai khasiat minyak sereh telah diuji secara ilmiah di IPB. "Penggunaan pada bayi terbukti akan terbebas dari gigitan nyamuk selama 6 jam," ujarnya.

Selama ini minyak citronella (citronella oil) atau yang lazim disebut minyak sereh wangi diyakini bisa melindungi bayi dari gigitan nyamuk/serangga. Penggunaan salah satu jenis minyak atsiri itu juga dipercaya bisa memberi rasa hangat, mencegah perut kembung, dan membantu mencegah iritasi ringan pada anak bayi.

Phillips Gunawan mengatakan perusahaannya menggunakan minyak sereh sebagai bahan dasar obat melakukan penyulingan bertingkat terhadap tanaman sereh wangi untuk mendapatkan atsiri citronella oil. Hasil isolasi akan berupa senyawa yang disebut Sitronellal, Geraniol, dan Sitronellol.

"Ketiga komponen itu adalah komponen yang dominan dalam minyak sereh wangi. Dan, inilah yang sering diaplikasikan dalam berbagai industri untuk produk-produk skin lotion penolak nyamuk karena mengandung bahan insektisida alami," kata Phillips.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement