Senin 24 Feb 2014 18:04 WIB

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Anak

Pilih minyak zaitun yang extra-virgin.
Foto: oliveoilexcellence.com
Pilih minyak zaitun yang extra-virgin.

REPUBLIKA.CO.ID, Salah satu sumber lemak yang baik untuk makanan pendamping ASI adalah minyak zaitun. Beberapa tetes minyak zaitun bisa ditambahkan sejak bayi berusia 6 bulan ke dalam makanan bayi.  

Minyak zaitun tergolong tinggi kalori. Ia mengandung monounsaturated fats, alias lemak yang membantu menurunkan kadar kolesterol yang buruk dan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik di tubuh.

Minyak zaitun juga mengandung fatty acids, yang juga ditemukan di ASI. Fungsinya, membantu anak tumbuh dan berkembang. Bagi ibu, konsumsi minyak zaitun membantu menjaga kadar massa tulang.

Manfaat minyak ini berlanjut. Vitamin A, C, D, E, K, dan B kompleks terdapat di dalamnya. Menjadikan minyak zaitun sumber antioksidan yang kaya, sesuai untuk menghindari tubuh dari penyakit jantung dan kanker. Sumber antioksidan bahkan ditemukan lebih kaya lagi pada minyak zaitun yang extra-virgin.

Kandungan lainnya adalah oleic acid. Seperti fatty acids, oleic acid ditemukan pula pada ASI.

Kegunaan minyak zaitun tak sebatas menambahkannya pada makanan pendamping ASI. Bayi yang mengalami ruam popok bisa diobati dengan mengoleskan minyak zaitun ke bagian yang memerah. Tapi, hati-hatilah saat menggunakan minyak zaitun ke kulit yang sensitif. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter anak.

Minyak zaitun diperoleh dengan cara memeras buah zaitun hingga mendapatkan ekstrak minyak alaminya. Minyak  zaitun yang extra-virgin diperoleh dari perasan pertama saat proses ekstraksi. Panas tidak digunakan saat proses ini. Begitu pula bahan kimia. Karena extra-virgin olive oil dikategorikan minyak paling sehat untuk digunakan.

Sementara minyak zaitun tanpa embel-embel extra-virgin umumnya telah melalui sejumlah proses. Hingga menghilangkan sebagian kadar nutrisinya. Ini bahkan termasuk minyak zaitun yang bertuliskan ‘pure’ atau ‘refined’.

Kepada bayi paling baik memberikan yang extra-virgin. Cukup berikan satu per empat sendok makan kepada bayi per hari. Pemberian yang berlebihan tidak akan baik. Bayi bisa menderita diare.

Tambahkan minyak zaitun dalam sayuran kukus yang telah dipuree. Atau campur ke kentang yang telah direbus dan dihaluskan. Harap diingat, minyak zaitun kadang bercita rasa tajam membuat anak kurang menyukainya. Pilih minyak zaitun dengan aroma dan rasa yang lebih ringan agar mudah mudah menyukainya.

sumber : can i give my baby
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement