Rabu 29 Jan 2014 09:04 WIB

Mengapa Rambut Anda Rontok?

Rep: Qommarria Rostanti / Red: Endah Hapsari
Rambut rontok.
Foto: sheknows
Rambut rontok.

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika mengalami kerontokan rambut, coba telusuri hair fall ataukah hair loss yang terjadi. Pengenalan masalah rambut tersebut berguna untuk menentukan tindakan solusinya.

Dr Eddy Karta SpKK mengatakan, hair fall merupakan kerontokan yang disebabkan oleh berkurangnya kolagen. Jika kolagen berkurang, sel rambut akan berhenti tumbuh, dan kemudian rontok. Meski begitu, kerontokan akibat berkurangnya kolagen tidak terlalu mengganggu. Rambut dapat tumbuh kembali begitu kadar kolagen mencapai batas normalnya. “Biasanya ini terjadi karena seseorang sedang melakukan diet ketat, sedang sakit, hamil, atau setelah melahirkan,” ujarnya.

Kebiasaan mengikat atau menyasak juga bisa membuat akar rambut tertarik dan mudah lepas. Penggunaan bahan kimia, seperti sampo, pelembab rambut, pewarna rambut, serta obat pengeriting atau pelurus rambut, juga memengaruhi kesehatan akar rambut. Untuk mengatasi hair fall, sampo khusus rambut rontok dapat menjadi solusinya. Selain itu, konsumsi makanan juga perlu diperhatikan. “Konsumsilah makanan tinggi protein, seperti kacang-kacangan dan daging,” saran dokter spesialis kulit dan kelamin dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) itu.

Jika ingin pengobatan berjalan maksimal, kita juga dapat menggunakan bahan alami, seperti kemiri, secara rutin. Penderita rambut rontok sebaiknya menyisir mahkota kepalanya secara perlahan, apalagi jika rambutnya sedang kusut. Perawatan rambut, seperti creambath atau masker rambut, hanya jitu untuk mengatasi patahnya batang rambut. Rambut yang patah memang lebih mudah diatasi daripada tercerabutnya rambut dari akar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement