Kamis 07 Nov 2013 11:17 WIB

4 Cara Mudah Melawan Sakit Tenggorokan

Rep: Indira Rezkisari/ Red: Endah Hapsari
Sup Ayam (ilustrasi)
Foto: friedchillies.com
Sup Ayam (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Salah satu penyakit yang berbahaya bagi penyanyi adalah sakit tenggorokan. Lantunan suara nan merdu otomatis jadi kurang sedap didengar bila tenggorokan terkapar. Coba sembuhkan penyakit ini lewat sejumlah cara ini. 

 

Cairan 

Menjaga agar tubuh tidak dehidrasi saat sedang tidak fit sangat penting. Minumlah cukup cairan. Indikasi tubuh tidak dehidrasi adalah ketika warna urine kuning muda atau bening. Cairan yang mencukup menjaga membran lembab hingga membuat tubuh sanggup melawan penyebab sakit. Cairan yang paling baik, tentunya air putih. 

 

Air Garam 

Terkadang pengobatan ala rumahan menjadi obat yang dibutuhkan untuk sakit tenggorokan akibat virus. Salah satunya adalah berkumur dengan larutan air garam. Larutan ini dipercaya dapat mengurangi pembengkakan dan memberi rasa nyaman bagi tenggorokan. Berkumurlah dengan larutan satu gelas air yang telah diberi setengah sendok teh garam. Larutan air gram membantu menghilangkah bakteri penyebab iritasi tenggorokan.

 

Sup Ayam 

Ini dia ramuan kuno bagi demam, flu, termasuk sakit tenggorokan. Sodium atau garam yang terkandung dalam kaldu di sup ayam memiliki fungsi anti-inflamasi, membuat tubuh mudah merasa enak. Menyantap semangkuk sup ayam juga memudahkan proses makan kala sakit. Tenggorokan yang susah menelan akan lebih mudah menerima makanan yang lembut dan hangat. Nutrisi dari sayuran dalam sup juga membantu menutrisi tubuh. 

 

Istirahat 

Solusi yang satu ini tidak selalu memberi dampak instan bagi tubuh. Menurut situs health.com, beristirahat yang cukup namun menjadi solusi terbaik bagi tubuh. Sakit tenggorokan umumnya disebabkan oleh virus demam. Dan, tidak ada yang bisa dilakukan untuk melawannya selain dengan memberikan kesempatan pada tubuh untuk membangun proses pertahanan hingga akhirnya sanggup melawan penyakit. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement