Kamis 05 Sep 2013 13:07 WIB

5 Kiat Selalu Sehat dan Bugar

Lakukan diet sehat dengan makanan seimbang dan olahraga
Foto: metro-medispa.com
Lakukan diet sehat dengan makanan seimbang dan olahraga

REPUBLIKA.CO.ID, Gaya hidup dan pola makan yang tak sehat menjadi faktor utama gangguan kebugaran dan kesehatan tubuh. Tak perlu mencari udara pegunungan, udara pagi pun sangat baik bagi paru-paru. Berikut adalah sejumlah jurus mudah untuk selalu sehat dan bugar:

 

1. Udara bersih

Hindari sedapat mungkin area berudara tercemar, seperti asap rokok, asap kendaraan atau debu. Bersihkan rumah dan ruangan kerja secara teratur.

 

2. Minum air putih

Untuk menjaga kelancaran fungsi ginjal, perbanyaklah minum air putih setidaknya 8-10 gelas tiap hari. Air putih adalah yang terbaik dari minuman apapun. Upayakan untuk minum air hangat di malam hari dan air sejuk (bukan air es) di siang hari. Tambahkan sedikit perasan jeruk lemon atau jeruk nipis. Selain baik untuk menyegarkan diri, minuman ini sekaligus membantu mengeluarkan toksin dari dalam tubuh.

 

3. Sayur dan buah

Perbanyak konsumsi sayuran hijau dan buah yang mengandung banyak serat dan zat gizi yang diperlukan tubuh. Sebaiknya hindari junk food serta kurangi konsumsi garam dan gula. Karena itu dapat mengakibatkan penyakit kanker dan darah tinggi. Selain itu, jangan lupa sarapan pagi karena dapat menunjang aktifitas kita sepanjang hari.

 

4. Seimbang

Sesibuk apapun tetap perhatikan keseimbangan antara kerja, olahraga, dan istirahat. Kerja keras tanpa istirahat sama sekali tidak baik. Biasakan istirahat teratur 7-8 jam pada malam hari dan jangan sering tidur terlalu malam. Cobalah menggunakan waktu senggang untuk berolahraga ringan atau sekedar melemaskan otot-otot persendian. Dengan berolahraga 2-3 kali per minggu selama 30-45 menit cukup membuat tubuh bugar dan stamina prima.

 

5. Hindari stres

Jangan terlalu banyak memberi beban pada diri sendiri. Lakukanlah hobi yang menyenangkan di waktu senggang, seperti melukis, membaca novel, atau hanya mendengarkan musik. Sebisa mungkin perkecil resiko terjadinya stres emosional, cobalah untuk menjalani hidup secara harmonis. Selain itu, jangan mengorbankan hidup dengan menuruti kesenangan diri lewat kebiasaan hidup yang buruk dan berisiko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement