Rabu 21 Aug 2013 16:11 WIB

Payudara Tak Berputing, Bisakah Menyusui?

Ibu menyusui (ilustrasi)
Foto: Republika/Amin Madani
Ibu menyusui (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Dokter yang baik, saya gadis 23 tahun. Ceritanya, tak lama lagi saya akan melangsungkan pernikahan. Hanya saja ada yang masalah yang membuat saya belakangan resah. Saya khawatir tak bisa menyusui anak. Padahal susu ibu adalah makanan terbaik buat anak. Masalahnya, payudara saya sebelah kiri tak berputing. Bahayakah ini buat saya dan anak saya, dok? Terima kasih atas jawabannya. 

D

Bandung 

 

Jawaban: 

Sdri Dela yang resah, dasarnya beberapa dalam tubuh kita ditentukan oleh keturunan juga. Misalnya seorang yang bertubuh pendek sangat mungkin karena orangtuanya ada yang bertubuh pendek. Jadi postur tubuhnya sudah tercetak demikian, sulit mengubahnya.

Nah, soal puting yang tak keluar jangan pula terlalu Anda resahkan. Bagus Anda menanyakan ini ke dokter, yang mudah-mudahan juga bisa dibaca orang lain yang mengalami hal serupa dengan Anda. Orang yang mengalami itu bukan Anda sendirian. Banyak yang mengalami dan mereka terbukti bisa menyusui anak. 

Teknologi kedokteran saat ini menyediakan jalan keluar bagi yang mengalami seperti Anda agar tetap bisa menyusui seperti Anda. Caranya adalah dengan menempelkan sebuah alat pengisap pada payudara. Dengan alat itulah bayi kemudian mengisap ASI. Cara sederhana yang juga banyak digunakan adalah 'latihan' di masa hamil. Jika kelak Anda hamil rajin-rajinlah menarik-narik putingnya agar sedikit demi sedikit keluar.

sumber : Dr Yusuf Zubaidi, DSFK
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement