Jumat 22 Mar 2013 09:16 WIB

Apakah Cara Sikat Gigi Anda Sudah Benar? Simak Ini

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Endah Hapsari
Sikat gigi
Foto: mirror.co.uk
Sikat gigi

REPUBLIKA.CO.ID, Seperti apakah cara menyikat gigi yang benar itu? Simak nih beberapa tips dari drg Sri Kuswandari berikut ini:

 

* Saat menyikat gigi, usahakan semua bagian dari gigi tersikat dan bersih dari plak. Menyikatnya, dari atas ke bawah yang dimulai dari permukaan gusi. Hal ini untuk menstimulasi aliran darah.

* Sikatlah gigi secara berurutan: mulai dari kanan ke depan lalu ke kiri, lalu gigi bagian atas permukaan luar. Selanjutnya, gigi bagian  permukaan luar, kemudian permukaan gigi luar dari kanan ke kiri. Terus permukaan gigi dalam dari atas ke bawah, dan seterusnya.

* Supaya sikat gigi bisa masuk sampai ke belakang, sebaiknya pilih sikat gigi yang agak kecil. Sikat ini sebaiknya juga tidak terlalu tinggi, atau terlalu rendah. Sikatnya juga jangan terlalu lunak, atau terlalu keras.

* Bagaimana dengan pasti gigi? Menurut dokter Sri, kita biasanya menggunakan pasta gigi terlalu banyak. Padahal, kalau pasta gigi terlalu banyak, apalagi pasta gigi yang pakai deterjen, mulut akan cepat terasa kesat. Akibatnya, kita akan cepat selesai saat menyikat gigi, padahal gigi belum bersih. Akibatnya, gigi mudah berlubang. ''Karena itu, oleskan pasta gigi tipis-tipis saja secara merata, tidak perlu banyak-banyak,'' saran dokter Sri.

* Usahakan untuk selalu menyikat gigi menjelang tidur dan setelah makan. Ini yang paling penting. ''Kalau seseorang tidur, ludah yang keluar sedikit. Padahal ludah itu sebagai daya tahan tubuh. Kalau ludah sedikit, pembersihannya kurang. Jadi, mudah terjadi gigi berlubang.''

* Makanan juga perlu diperhatikan. Dalam hal ini, ada makanan yang cepat sekali merangsang terjadinya gigi berlubang seperti permen. Jangan lupa sikat gigi setelah mengonsumsi permen atau makanan manis lain.

* Untuk menjaga kualitas gigi agar kuat dan tidak mudah terserang karies, banyak-banyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung fluor, kalsium, vitamin C, vitamin D, dan vitamin A. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement