Senin 04 Mar 2013 16:31 WIB

Bayi di AS Sembuh dari HIV

Rep: Nur Aini/ Red: Dewi Mardiani
HIV/AIDS. Ilustrasi
Foto: .
HIV/AIDS. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MISSISSIPPI -- Seorang bayi yang lahir di AS dengan HIV berhasil disembuhkan dengan pengobatan dini. Bayi tersebut sembuh dari penyakit tersebut dengan terapi obat standar.

Bayi di Mississippi yang saat ini berusia 2,5 tahun itu telah berhenti dari pengobatan selama satu tahun. Saat ini, tidak ada sinyal dia terinfeksi HIV. Penelitian lebih lanjut mengenai pengobatan yang dapat berdampak sama pada anak lain masih perlu dilakukan. Namun, hasil tersebut memberi harapan sembuhnya anak-anak dari HIV.

Jika anak tersebut terus sehat, maka dia menjadi orang kedua yang dilaporkan sembuh dari HIV di dunia. Ahli virus (Virologis) Universitas Johns Hopkins, Deborah Persaud mengumumkan kesembuhan bayi tersebut di konferensi tentang infeksi virus di Atlanta. "Ini merupakan bukti konsep bahwa HIV berpotensi sembuh pada anak-anak, " ujarnya dilansir BBC.

Pada 2007, Timothy Ray Brown menjadi orang pertama di dunia yang sembuh dari HIV. Infeksinya sembuh melalui pengobatan yang rumit untuk leukemia. Dia menjalani transpalantasi sel induk dari donor dengan mutasi gen yang resisten terhadap infeksi HIV.

Hal itu berbeda dengan bayi yang sembuh di Mississippi. Dia hanya menggunakan obat yang biasa digunakan untuk pengobatan HIV. Hal itu menunjukkan HIV dapat sembuh sebelum menyebar di dalam tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement