Selasa 15 Apr 2014 07:06 WIB

Sepatu Berteknologi Peta Anti Tersesat

Dalaman sepatu dan sepatu Lechal.
Foto: dok Lechal
Dalaman sepatu dan sepatu Lechal.

REPUBLIKA.CO.ID, Hari-hari mengandalkan peta di telepon genggam atau tablet ketika sedang kehilangan arah mungkin segera berakhir. Terima kasih pada kemunculan sepatu yang nanti akan bisa menentukan ke mana penggunanya harus mengarah.

Sepatu itu bernama 'Satnav'. Ia bekerja menggunakan kaitan Bluetooth dengan sistem navigasi di telepon genggam. Sebuah kalkulasi mengenai rute mana yang harus diambil kemudian dilakukan, setelah itu ia mengirim getaran tersembunyi ke kaki mengarahkan ke mana harus berbelok.

Dengan harga 100 poundsterling atau Rp 1,8 juta, seperti dikutip dari Telegraph, teknologi bernama Lechal sudah terpasang dalam sepatu berwarna merah Ferrai atau di dalaman sepatu yang bisa diselipkan ke sepatu mana pun.

Sepatu Lechal ini bisa bertahan tiga hari sebelum harus diisi kembali baterainya.

''Mereka sangat mudah digunakan seperti tepukan di bahu,'' ujar Krispian Lawrence (30 tahun), yang mengembangkan sepatu itu bersama Anirudh Sharma (28) do Hyderabad, India.

Menurut pembuatnya, adalah intuisi yang membuat orang menengok ke kanan ketika bahu kanannya ditepuk yang menginspirasi produk ini.

''Anda bahkan bisa berkomunikasi dengannya menggunakan gerakan tangan dan jentikan jari karena sepatu memiliki sensor yang bisa mendeteksi gerakan dan bunyi. Anda juga bisa mengetahui berapa banyak kalori yang ingin dibakar dan mereka akan mengatur rencana lari atau bersepeda yang sesuai.''

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement