Kamis 10 Apr 2014 09:15 WIB

Pedagang Dadakan Raup Untung dari TPS

Dua anggota KPPS menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS).
Foto: Antara
Dua anggota KPPS menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Pedagang dadakan bermunculan di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif yang dilaksanakan Rabu, 9 April 2014.

Para pedagang dadakan itu sebagian besar menjual makanan khas Lombok seperti pelecing, lontong, rujak, sate, cendol serta es.

Sumiaton (35), salah seorang pedang mengatakan, dia bersyukur dengan kegiatan Pemilu karena di samping bisa menyalurkan aspirasi sesuai dengan isi hati, di sisi lain dapat mendatangkan rezeki.

Apalagi TPS tempat berjualan termasuk TPS paling banyak calon pemilihnya mencapai 420 orang di Lingkungan Perigi, Dasan Agung Mataram, sehingga sejak pagi sibuk melayani pembeli.

"Sejak mulai buka sekitar pukul 08.00 Wita hingga pukul 11.00 Wita sudah dapat jualan lebih dari 250 ribu dan ini lumayan untuk menyambung hidup," katanya.

Kondisi serupa juga terjadi di TPS-TPS lainnya, di mana rata-rata penjualnya mengambil kesempatan berjualan dekat TPS, mengingat banyaknya warga yang akan datang ke TPS.

Sambil menunggu dipanggil petugas, warga yang akan menyalurkan haknya menggunakan kesempatan itu untuk berbelanja.

Yuliana salah seorang pemilih mengaku, keberadaan pedagang dadakan ini selain menguntungkan bagi pedagang juga menguntungkan bagi pembeli. Sebab, membantu warga yang belum sarapan atau membutuhkan air minum karena lelah menunggu panggilan dari petugas.

"Apalagi harga yang ditawarkan sangat terjangkau, murah meriah dan membuat kita kenyang," katanya.

Tumbuhnya pedagang musiman ini tentu mendapat respon positif, karena para pedagang menjajakan makanan pelecing lontong, sate, rujak dan lainnya yang belum tentu bisa dijumpai setiap hari, sehingga sejumlah pedagang laris manis.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement