Sabtu, 4 Zulqaidah 1435 / 30 Agustus 2014
find us on : 
  Login |  Register

Hidayat Prihatin Kebakaran yang Menimpa Rumah Pendukungnya

Senin, 02 Juli 2012, 20:40 WIB
Komentar : 0
hidayatdidik.net
Hidayat Nurwahid
Hidayat Nurwahid

REPUBLIKA, JAKARTA - Dalam dua hari terakhir, terjadi empat kasus kebakaran yang menghanguskan belasan rumah warga di Jakarta Pusat. Di antara para korban adalah empat kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS), yang juga relawan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Hidayat Nurwahid-Didik J Rachbini.

Mengetahui informasi tersebut, Hidayat mengaku prihatin. Namun ia tidak mau berspekulasi mengenai penyebab kebakaran yang melanda kader partainya tersebut. 

"Kita tidak usah menuduh yang macam-macam. Mungkin ini memang sebuah musibah," ujar mantan Presiden PKS tersebut di sela-sela kegiatan kampanye di Jakarta Selatan, Senin (2/7).

Terkait kejadian tersebut, Hidayat hanya menyinggung soal siapa yang seharusnya bertanggungjawab atas kejadian tersebut. Tentang kemungkinan kebakaran yang disebabkan oleh tabung gas 3 kilogram, mantan ketua MPR RI tersebut mempertanyakan mengapa banyak kasus kebakaran yang dipicu tabung gas.

"Kalau kebakaran disebabkan oleh arus listrik, kita tidak heran dengan kualitas kabel yang dibiarkan saja, padahal sangat beresiko membahayakan warga," papar Hidayat.

Sedangkan mengenai peranan dinas pemadam kebakaran, Hidayat menyampaikan, lambannya penanganan kasus kebakaran memang menjadi salah satu masalah yang sangat dikeluhkan warga. Menurutnya, fasilitas yang diberikan untuk petugas pemadam harus diperbaiki agar mereka lebih baik dalam bertugas.

"Selama ini kita mengenal adanya istilah untuk guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, kemudian para TKI disebut pahlawan devisa, sedangkan pemadam tidak ada istilah khusus. Artinya, harus ada apresiasi lebih untuk tim pemadam kebakaran, seperti peningkatan insentif dan perbaikan fasilitas bagi mereka. Sebab, mereka adalah ujung tombak dalam membantu masyarakat ketika ditimpa musibah kebakaran," pungkas Hidayat.

Selama dua hari terakhir, tercatat empat kasus kebakaran terjadi di Jakarta Pusat. Minggu (1/7) sore, kebakaran terjadi di kawasan Rawasari yang menimpa rumah salah seorang relawan Hidayat-Didik. Tak lama berselang, kejadian serupa terjadi Jl. Tanah Rendah 2 RT 11 RW 5, Jatibaru, Tanah Abang.

Senin (2/7) dinihari, musibah kebakaran terjadi Jl. Harapan Mulya 4, Kemayoran. Terakhir, Senin siang, kebakaran melanda kawasan Kampung Bali, yang juga menghanguskan rumah salah satu relawan Hidayat-Didik.

Redaktur : Yudha Manggala P Putra
Tahukah engkau apa yang menghancurkan Islam?” Ia (Ziyad) berkata, aku menjawab, “Tidak tahu.” Umar bin Khattab RA berkata, “Yang menghancurkan Islam adalah penyimpangan orang berilmu, bantahan orang munafik terhadap Alquran, dan hukum (keputusan) para pemimpin yang menyesatkan.”(Riwayat Ad-Darimi, dan berkata Syaikh Husain Asad: isnadnya shahih))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Inter Milan Gasak Stjarnan
MILAN -- Inter Milan tumbangkan Stjarnan dengan skor teak 6-0 dalam play-off second leg Liga Eropa di Stadion San Siro,  Jumat (29/8). Inter yang...