Senin 02 Jul 2012 20:40 WIB

Hidayat Prihatin Kebakaran yang Menimpa Rumah Pendukungnya

Hidayat Nurwahid
Foto: hidayatdidik.net
Hidayat Nurwahid

REPUBLIKA, JAKARTA - Dalam dua hari terakhir, terjadi empat kasus kebakaran yang menghanguskan belasan rumah warga di Jakarta Pusat. Di antara para korban adalah empat kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS), yang juga relawan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Hidayat Nurwahid-Didik J Rachbini.

Mengetahui informasi tersebut, Hidayat mengaku prihatin. Namun ia tidak mau berspekulasi mengenai penyebab kebakaran yang melanda kader partainya tersebut. 

"Kita tidak usah menuduh yang macam-macam. Mungkin ini memang sebuah musibah," ujar mantan Presiden PKS tersebut di sela-sela kegiatan kampanye di Jakarta Selatan, Senin (2/7).

Terkait kejadian tersebut, Hidayat hanya menyinggung soal siapa yang seharusnya bertanggungjawab atas kejadian tersebut. Tentang kemungkinan kebakaran yang disebabkan oleh tabung gas 3 kilogram, mantan ketua MPR RI tersebut mempertanyakan mengapa banyak kasus kebakaran yang dipicu tabung gas.

"Kalau kebakaran disebabkan oleh arus listrik, kita tidak heran dengan kualitas kabel yang dibiarkan saja, padahal sangat beresiko membahayakan warga," papar Hidayat.

Sedangkan mengenai peranan dinas pemadam kebakaran, Hidayat menyampaikan, lambannya penanganan kasus kebakaran memang menjadi salah satu masalah yang sangat dikeluhkan warga. Menurutnya, fasilitas yang diberikan untuk petugas pemadam harus diperbaiki agar mereka lebih baik dalam bertugas.

"Selama ini kita mengenal adanya istilah untuk guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, kemudian para TKI disebut pahlawan devisa, sedangkan pemadam tidak ada istilah khusus. Artinya, harus ada apresiasi lebih untuk tim pemadam kebakaran, seperti peningkatan insentif dan perbaikan fasilitas bagi mereka. Sebab, mereka adalah ujung tombak dalam membantu masyarakat ketika ditimpa musibah kebakaran," pungkas Hidayat.

Selama dua hari terakhir, tercatat empat kasus kebakaran terjadi di Jakarta Pusat. Minggu (1/7) sore, kebakaran terjadi di kawasan Rawasari yang menimpa rumah salah seorang relawan Hidayat-Didik. Tak lama berselang, kejadian serupa terjadi Jl. Tanah Rendah 2 RT 11 RW 5, Jatibaru, Tanah Abang.

Senin (2/7) dinihari, musibah kebakaran terjadi Jl. Harapan Mulya 4, Kemayoran. Terakhir, Senin siang, kebakaran melanda kawasan Kampung Bali, yang juga menghanguskan rumah salah satu relawan Hidayat-Didik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement