Kamis 28 Jun 2012 10:30 WIB

Hidayat: Pendidikan Gratis buat Siapapun

Hidayat Nurwahid sapa masyarakat
Hidayat Nurwahid sapa masyarakat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Calon Gubernur DKI Jakarta, Hidayat Nur Wahid, siap membebaskan biaya pendidikan dasar dan menengah, jika dirinya terpilih menjadi gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017. Menurutnya, pendidikan merupakan hak setiap orang, tidak peduli kaya atau miskin, sekolah negeri atau swasta.

Hal tersebut disampaikan Hidayat saat mengawali kampanye hari ketiga, Rabu (27/6), dengan sarapan bersama warga di warung Dewi Sri, Lagoa, Koja, Jakarta Utara. Kesempatan sarapan bareng calon gubernur nomor urut 4 ini dimanfaatkan warga untuk menyampaikan keluhan dan aspirasinya.

Menurut salah seorang warga yang berkesempatan sarapan dengan Hidayat, sebaiknya program pendidikan gratis hanya untuk masyarakat miskin. Bagi kalangan yang sudah mampu, harusnya tidak diberikan lagi.

Menanggapi masukan tersebut, menurut Hidayat, undang-undang tidak membedakan hak rakyat untuk mendapatkan pendidikan. "Kita akan berikan hak rakyat untuk mendapatkan pendidikan. Masalah bila mereka mampu, maka anggap saja itu hadiah, yang penting berikan dulu haknya," tutur peraih gelar doktor dari Universitas Islam Madinah, Arab Saudi, tersebut.

Selepas sarapan bersama warga, diiringi konvoi puluhan sepeda motor, Hidayat dan rombongan menuju Pasar Sindang, Koja. Di sana, mantan ketua MPR RI tersebut berbincang dan mendengarkan keluhan para pedagang.

Salah seorang pedagang, Rohana, menyampaikan harapannya agar nasib pedagang lebih diperhatikan.

"Saya berharap kalau Pak Hidayat menjadi gubernur, beliau mampu memperbaiki kondisi pasar tradisional. Selama ini pasar terasa seperti mati," keluh Rohana.

Ulfa, pedagang asal Madura, menyampaikan hal senada. Menurutnya, kondisi pasar tidak berpihak pada pedagang. Sudah harga sewanya mahal, namun pembeli sepi. Untuk itu, Ulfa menyampaikan dukungannya kepada Hidayat yang memiliki program pemberdayaan pedagang pasar tradisional.

Selesai dari Pasar Sindang, Hidayat menyempatkan diri berkunjung ke rumah salah seorang tokoh asal Koja, Ronggo. Saat menerima kedatangan Hidayat, pria kelahiran Madura itu menyatakan dukungan serta mendoakan agar Hidayat berhasil menjadi Gubernur DKI Jakarta mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement