Senin 18 Aug 2014 16:08 WIB

Pawai Kebudayaan Meriahkan HUT ke-69 RI

Rep: c82/ Red: Agung Sasongko
 Peserta karnaval asal Jawa Barat memeriahkan Pawai Budaya nusantara di Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Peserta karnaval asal Jawa Barat memeriahkan Pawai Budaya nusantara di Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyelenggarakan Pawai Seni dan Budaya Kreatif 2014 di sekitar Kawasan Monas, Jakarta Pusat, sore ini, Senin (18/8). Acara ini diselenggarakan dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan RI yang ke-69. Dalam acara tersebut, seluruh provinsi di Indonesia menampilkan kebudayaan masing-masing.

Pawai dimulai pukul 14.00 dengan rute Jalan Medan Merdeka Utara, lalu mengarah ke Jalan Medan Merdeka Barat, masuk ke Jalan Medan Merdeka Selatan dan kembali masuk ke dalam Monas. Ribuan orang berpartisipasi dalam pagelaran tersebut.

Berdasarkan pantauan ROL, setiap provinsi tampil dengan mengenakan pakaian adat masing-masing. Suasana semakin semarak dengan tarian dan lagu daerah yang mereka tampilkan. Mobil yang dihias sesuai dengan ciri khas daerah mereka, serta alat musik yang berbeda-beda semakin membuat meriah acara.

Acara yang bertujuan untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia tersebut ternyata mengundang perhatian banyak pengunjung, baik lokal maupun mancanegara. Tidak sedikit pengunjung yang berjalan kaki mengikuti pawai.

Nantinya, para peserta akan dinilai oleh dewan juri untuk menentukan 10 penampil terbaik. 10 peserta tersebut nantinya akan mendapatkan penghargaan dari Menteri Parekraf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement