Sabtu 16 Aug 2014 15:12 WIB

Ini Surat Tertulis Ucapan Selamat HUT Kemerdekaan RI dari AS

Rep: c54/ Red: Joko Sadewo
John Kerry
Foto: Reuters/Yuri Gripas
John Kerry

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Pemerintah Amerika Serikat (AS) secara resmi menyampaikan ucapan selamat atas HUT Kemerdekaan ke-69 Indonesia yang jatuh 17 Agustus besok. Ucapan tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri AS John Kerry, mengatasnamakan Presiden AS Barrack Obama.

Pesan ucapan selamat sepanjang empat paragraf tersebut dimuat di laman Kementerian Luar Negeri AS (HYPERLINK "http://www.state.gov"www.state.gov), tertanggal 15 Agustus 2014.

Dalam surat tersebut, John Kerry menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama yang terbangun antara Indonesia dengan AS dalam menyikapi isu-isu dunia. AS berharap kerja sama tersebut akan bisa lebih ditingkatkan.

Berikut ucapan tertulis tersebut secara lengkap:

Pernyataan Pers

John Kerry

Kementerian Luar Negeri

Washington, DC

15 Agustus, 2014

Atas nama presiden Obama dan rakyat Amerika Serikat, saya menghaturkan selamat atas ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke-69 pada 17 Agustus ini

Demokrasi Indonesia yang berkembang pesat berperan penting bagi kawasan Asia Pasifik dan dunia. Kerjasama Komprehensif (United States-Indonesia Comprehensive Partnership, red.) antara kita yang diluncurkan empat tahun silam ketika Presiden Obama berkunjung ke Indonesia, telah menumbuhkan peluang untuk kerja sama erat dalam penyikapan isu-isu dunia, seperti pendidikan, keamanan, perubahan iklim, energi, serta perdagangan. Dalam dua kali kunjungan terakhir saya ke Indonesia, saya menyaksikan sendiri berlangsungnya kerja sama tersebut. Masing-masing pemerintah dan rakyat kita bekerja bersama-sama untuk memecahkan berbagai persoalan pelik dunia.

Saya berharap kita dapat membangun ikatan yang lebih kuat antarpemerintah dan antarmasyarakat kita. Juga, saya berharap kita dapat melanjutkan kerja sama mempromosikan perdamaian, kemakmuran dan demokrasi di seluruh dunia.

Semoga seluruh rakyat Indonesia dapat merayakan kemerdekaan dengan aman dan gembira.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement