Jumat, 25 Jumadil Akhir 1435 / 25 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Agar Rumah Bebas Kecoa, Ini Dia Caranya

Sabtu, 01 September 2012, 08:31 WIB
Komentar : 0
buzzle.com
Rumah bersih bebas kecoa
Rumah bersih bebas kecoa

REPUBLIKA.CO.ID, Rumah Anda berkecoa? Tinggal di Indonesia yang terletak di daerah tropis, hampir dipastikan tak ada rumah yang tak pernah dihinggapi kecoa. Meski begitu, bukan berarti Anda harus pasrah berbagi tempat dengan serangga pengganggu itu.

Kecoa merupakan hewan yang telah menghuni bumi sejak 300 juta tahun silam. Sekitar 5.000 spesies tersebar di seluruh penjuru dunia. Rumah atau bangunan, paling sering menjadi sarang kecoa amerika (Periplaneta americana) dan Blatella germanica alias kecoa jerman.

Kecoa amerika menyukai tempat lembab dan hangat. Septic tank atau saluran air kerap menjadi rumahnya. Sedangkan kecoa jerman lebih suka berada di tempat yang lembab, gelap, dan banyak makanan. Tak heran jika ia sering terlihat berkeliaran di dapur, lemari, dan atap rumah.

Kecoa menyukai tempat yang kotor dan bau. Tempat-tempat tersembunyi menjadi lokasi favoritnya. Kendati sejauh ini belum ada riset mengenai penyakit yang disebabkan oleh kecoa, tak ada salahnya berjaga-jaga. Apalagi, ada kemungkinan kecoa menggerayangi makanan santapan keluarga.

Anda tentu menginginkan sebuah rumah yang bebas kecoa, bukan? Jika demikian, simak tips berikut. Meski belum tentu dapat secara tuntas mengusir kecoa dari hunian Anda, langkah-langkah ini bisa membantu mengurangi gangguan yang didatangkan kecoa. Silakan dicoba!

* Jaga sanitasi rumah.

* Simpan makanan dalam wadah tertutup rapat agar tak menjadi santapan kecoa.

* Segera bersihkan makanan yang tercecer.

* Buang sampah ke luar rumah. Jangan biarkan sampah menumpuk di dalam rumah semalaman.

* Mengendalikan populasinya juga merupakan langkah yang tepat. Gunakan saja insektisida yang mudah ditemui di pasaran.

* Mobil Anda berkecoa? Tumbuk kapur insektisida yang tersedia di pasar hingga menjadi bubuk dan tebarkan di bawah karpet mobil.

* Anda juga dapat menyiram telur kecoa dengan air panas untuk mencegah penetasan.

* Konon daun salam dapat mengusir kecoa. Letakkan daun salam di tempat-tempat yang disukai kecoa, pojok dapur, misalnya. 

Reporter : Reiny Dwinanda
Redaktur : Endah Hapsari
Beramallah kamu sekalian, karena beramal akan merubah sesuatu yang buruk yang telah ditentukanNya padamu(HR Bukhori-Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Jumlah Pengunjung Meningkat, Ancol Terus Berbenah
JAKARTA -- Sebagian besar warga Jakarta kebanyakan habiskan libur panjang keluar kota. Meski begitu, wisata pantai Ibu Kota tak kehilangan pesonannya. Seperti pantai di...