Tuesday, 7 Zulqaidah 1435 / 02 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

Mau Pasang Teralis di Rumah? Simak Dulu Triknya

Friday, 27 April 2012, 08:03 WIB
Komentar : 0
ferforje.com
Teralis rumah/ilustrasi
Teralis rumah/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Memasang teralis di rumah memang bak buah simalakama. Bila rumah dijejali teralis, hubungan dengan tetangga bisa menjadi risih. Tapi pemasangan teralis tentu bermanfaat agar rumah tak dibobol maling dengan mudah.

Dengan adanya teralis, daun pintu dan jendela bisa dibiarkan terbuka sehingga udara segar bisa masuk, tanpa takut orang tak dikenal bisa masuk seenaknya ke dalam rumah. Binatang kesayangan dan anak kecil di dalam rumah, juga tak akan keluar ke jalan raya saat para ibu lengah. 

Berikut beberapa tips untuk membangun teralis:

Hindari model teralis seperti jeruji penjara, tapi gantilah dengan desain bermotif sehingga menghadirkan kesan ramah. Kalau perlu, ganti bahan teralis dengan kayu. 

Pilihlah model teralis yang match dengan arsitektur rumah, sehingga tidak terjadi kontradiksi. 

Untuk keamanan, pilihlah teralis yang jarak antara satu besi dengan besi lainnya tak lebih dari 30x30 cm. Ini ukuran minimal untuk mencegah orang menyusup lewat celah teralis. 

Pasanglah teralis itu pada kusen pintu dan jendela, bukan pada daun pintu dan jendela, dan pastikan bautnya tersembunyi sehingga tak mudah dibongkar. 

Reporter : Harun Husein
Redaktur : Endah Hapsari
Barang siapa yang memerhatikan kepentingan saudaranya, maka Allah akan memperhatikan kepentingannya. Dan barangsiapa yang menutupi kejelekan orang lain maka Allah akan menutupi kejelekannya di hari kiamat. ((HR Bukhari-Muslim))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar