Jumat , 02 Juni 2017, 07:26 WIB

Melongok Permukiman Bawah Tanah Unik di Matmata, Tunisia

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Flickr
Tampak luar bangunan pemukiman bawah tanah Matmata, Tunisia.
Tampak luar bangunan pemukiman bawah tanah Matmata, Tunisia.

REPUBLIKA.CO.ID, MATMATA -- Hingga kini, banyak kelompok masyarakat di seluruh dunia yang secara tradisional masih tinggal di gua. Terutama, mereka yang berdomisili di daerah beriklim panas untuk menghindari sengatan suhu tinggi.

Salah satunya adalah bangsa Berber di Matmata, sebuah kota kecil di selatan Tunisia, Afrika Utara. Bedanya, tidak seperti kebanyakan tempat tinggal bawah tanah, rumah di Matmata tidak dibangun di sisi pegunungan.

Sebagai gantinya, pemukiman diciptakan dengan menggali lubang besar di tanah kemudian sekitar sisi gua digali untuk dijadikan ruangan. Lubang terbuka berfungsi sebagai halaman, dan kadang-kadang terhubung ke halaman lainnya melalui lorong seperti parit yang membentuk labirin bawah tanah yang besar.

Matmata dan beberapa kota serupa di Tunisia terletak di atas bongkahan batu pasir yang cukup lunak untuk digali dengan perkakas tangan sekaligus cukup kokoh untuk didiami selama berabad-abad. Bahkan, bangsa Berber telah menggali rumah di tanah dengan cara demikian selama lebih dari seribu tahun.

Dataran Tinggi Matmata, tempat jenis pemukiman ini ditemukan, berada di satu-satunya jalur darat antara Libya dan Tunisia. Wilayah ini telah dikuasai oleh penjajah sepanjang sejarah, memaksa bangsa Berber mundur ke dataran tinggi tempat mereka mulai menggali rumah-rumah di pegunungan.

Kemudian, saat hubungan dengan Arab semakin bersahabat, bangsa Berber mulai merasa lebih aman. Semakin banyak keluarga yang kembali turun, mengembangkan desa dan rumah di lereng gunung yang rendah dan kemudian di dataran.

Saat ini, pemukiman gua bawah tanah di Matmata, Tunisia, menjadi objek wisata utama yang mengundang wisatawan. Salah satu daya tariknya adalah hotel bawah tanah Sidi Driss yang menjadi lokasi shooting Star Wars dan ditampilkan sebagai rumah Luke Skywalker, dilansir dari laman Amusing Planet.