Jumat , 21 October 2016, 06:21 WIB

Wisata Hutan Alam Djuanda

Red: Yudha Manggala P Putra
 Pengunjung memperhatikan bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanium) yang mekar di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Kota Bandung, Senin (16/2).   (foto : Septianjar Muharam)
Pengunjung memperhatikan bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanium) yang mekar di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Kota Bandung, Senin (16/2). (foto : Septianjar Muharam)

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDUNG -- Banyak pelancong yang saat jalan-jalan ke Bandung ingin berburu kuliner atau mencari kebutuhan sandang ke FO (factory outlet) yang banyak bertebaran di kota itu. Tapi ada baiknya saat berkunjung ke Bandung juga bisa mampir ke Taman Hutan Raya Ir.H.Djuanda untuk mendapatkan suasana sejuk, segar dan menikmati keindahan alam liar di lokasi itu.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda merupakan sebuah kawasan konservasi yang ada di Bandung letaknya dari daerah Dago Pakar sampai ke daerah Lembang dan Maribaya.Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda ini memiliki luas sekitar 526,98 hektare.

Letak Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda berada di Kampung Pakar, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, pada ketinggian antara 770 mdpl sampai 1330 mdpl. Di atas tanahnya yang subur terdapat sekitar 2.500 jenis tanaman yang terdiri atas 40 familia dan 112 species.

Pada tahun 1965, luas taman hutan raya baru sekitar 10 hektare saja, namun saat ini sudah mencapai 526,98 hektare membentang dari kawasan Pakar sampai Maribaya. Saat ini pengelolaannya dilakukan oleh Dinas Kehutanan Pemda Provinsi Jawa Barat.

Di Taman Hutan Raya Ir.H.Djuanda pelancong bisa merasakan sejuk dan tenangnya alam Bandung yang selama ini sudah tak kalah dengan Jakarta soal kemacetan, apalagi saat akhir pekan atau libur panjang.

Sekalipun taman tersebut tak seluas dan setenar Kebun Raya Bogor dan merindukan suasana bebas polusi, tak ada salahnya mengunjungi taman itu yang dipenuhi oleh ribuan pohon berusia ratusan tahun.

Selain dikelilingi oleh pohon pinus dan jenis pohon lainnya seperti Sengon, di taman itu juga ada beberapa lokasi menarik, seperti area bermain, goa, sampai air terjun yang komplit buat liburan.

Sumber : Antara