Ahad , 21 August 2016, 14:36 WIB

Apakah Gerhana Matahari 2017 Menjadi yang Terbaik?

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari
flickr
Gerhana matahari total
Gerhana matahari total

REPUBLIKA.CO.ID, Pada 26 Februari 1979, musisi Rod Stewart masih sangat terkenal dan lagunya yang berjudul "Da Ya Think I'm Sexy?" masih merajai tangga lagu di Amerika Serikat. Lagu tersebut tak diragukan diputar di berbagai radio di AS. Lagu itu pun turut mengantar perjalanan dalam kendaraan orang-orang menuju pegunungan Rocky dan bagian Barat Daya AS untuk melihat gerhana matahari terakhir di negeri Paman Sam. Bayangan bulan menutupi sebagian besar Idaho, Montana, Washington, dan Oregon meski langit saat itu sedang mendung.

Setahun dari sekarang, AS akan kembali disambangi gerhana matahari total. Peristiwa astronomi langka itu akan jatuh pada 21 Agustus dan diperkirakan kondisi langit sedang cerah. Gerhana tersebut juga akan menyapu AS dari ujung Pasifik hingga Atlantik. Penulis Simon Calder seperti dikutip dari The Independent menyebut, momen ini berpotensi membuat pergerakan manusia terbesar dalam sejarah.

Jejak kegelapan akan melewati Salem, Oregon pada pukul 10.19 waktu setempat lalu menuju Lincoln, Nebraska pada pukul 13.05. Nashville, Tennessee akan mendapatkan pengalaman serupa 25 menit kemudian. Lalu, momen gerhana akan tiba di Columbia, South Carolina pada pukul 14.44 dan kemudian terus menuju samudera Atlantik.

Agen perjalanan di AS juga sudah bersiap untuk menyediakan paket wisata gerhana. Salah satunya yakni Intrepid Astronomy yang sudah menyiapkan rancangan perjalanan dengan biaya di bawah 1.000 poundsterling (Rp 17 juta).