Jumat , 13 Mei 2016, 08:49 WIB

Wartawan Prancis Terpukau Lihat 'Wonderful Indonesia'

Red: Indira Rezkisari
Republika/Raisan Al Farisi
Wisata Pulau Bali
Wisata Pulau Bali

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Indonesia ingin belajar banyak dari Prancis dalam upaya menarik sebanyak mungkin wisatawan mancanegara, diantaranya dengan melakukan promosi "Wonderful Indonesia" dengan menaruh iklan billboard di depan gedung galleries Lafayette, di kota Paris selama sebulan.

Selain itu, Indonesia juga sudah membuka kantor perwakilan pariwisata Visit Indonesia Tourism Office (VITO) di dekat Musee du Luxembourg dan menunjuk Eka Moncarre, mempromosikan dan menjaring wisatawan dari negara itu berwisata ke Indonesia.

Kementerian Pariwisata belum lama mengundang sebanyak 16 wartawan Prancis berkunjung ke Indonesia dalam program Famtrip dengan mengunjungi Jakarta, Pulau Seribu, Bandung dan Bali selama delapan hari dari tanggal 29 April sampai 6 Mei lalu.

Wartawan dari berbagai media Prancis selama mengikuti famtrip di Indonesia didampingi Eka Moncarre, Country Manager Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) di Paris dan Hermeline Esther Polhaupessy dari KBRI di Paris. Eka Moncarre, warga Prancis asal Indonesia yang mendedikasikan dirinya untuk mempromosikan Indonesia di Paris, Jumat (13/5), mengakui kegiatan famtrip ini sangat bagus dan efisien untuk mempromosikan Indonesia.

"Seeing is believing," yang disemboyankan Kementerian Pariwisata merupakan suatu cara pemasaran karena famtrip digunakan sebagai barter dengan wartawan mempublikasikan Indonesia di dalam majalah, koran, publikasi mereka, ujarnya.

Kepada wartawan yang ikut dalam famtrip ketika diminta komentarnya mengakui Indonesia, negara yang cukup besar dan memiliki berbagai objek wisata dan tidak cukup datang hanya dalam sekali kunjungan. Anna David, wartawan Koran Courrier de Gironde, Bordeaux mengatakan Indonesia adalah negara yang kontras dan konstan. "Saya beruntung bisa mengunjungi Bandung dengan orang-orang yang ramah dan beragam," ujarnya.

Sementara Jakarta, menurut Anna, merupakan kota metropolitan yang berkembang pesat dan dinamis, sedangkan Bali dengan puranya yang indah serta ladang padi begitu menawan menjadi perhatian peserta famtrip.

Sumber : Antara