Rabu , 04 May 2016, 17:43 WIB

Bangkitkan Indonesia Sebagai Poros Maritim, Kemenpar Gelar Anugerah Pesona Bahari

Red: Winda Destiana Putri
Republika/Winda Destiana
Wisata Sabang, jendela wisata bahari dunia di barat Indonesia
Wisata Sabang, jendela wisata bahari dunia di barat Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama dengan Forum Wartawan Pariwisata (Forwarpar) menggelar lomba penulisan wisata dengan mengangkat pesona bahari Indonesia.

"Tema bahari dipilih karena merupakan salah satu unggulan dalam pembangunan kepariwisataan nasional," kata Raseno Arya Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kemenpar, di Gedung Sapta Pesona Rabu (4/5).

Dijelaskan lebih lanjut, perlombaan ini juga menjadi sarana promosi wisata yang efektif. "Lomba penulisan ini secara tidak langsung efektif mempromosikan objek wisata di Indonesia, terlebih wisata bahari. Destinasi yang belum dikenal, akan menjadi terkenal melalui tulisan dari para wartawan nanti," kata dia menambahkan.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk apresiasi kepada wartawan yang serius membantu mengembangkan potensi wisata bahari Indonesia melalui tulisan.

Hal serupa juga dikatakan oleh Tri Wibowo selaku Ketua Forwarpar. Lomba penulisan ini dianggap sebagai momentum membangkitkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

"Peran serta wartawan menjadi ujung tombak dalam mempromosikan potensi wisata bahari Indonesia," kata dia.

Artikel yang akan dilombakan wajib tayang pada periode 1 Januari 2016 sampai dengan 1 Agustus 2016. Peserta diperbolehkan mengirimkan lebih dari satu artikel dengan menyertakan bukti tayang di media masing-masing.

Lomba yang diperuntukkan seluruh wartawan di Indonesia ini akan memperebutkan Piala Menteri Pariwisata dan hadiah Rp 500 juta.