Sabtu , 07 February 2015, 09:27 WIB

Pertumbuhan Pariwisata Indonesia Jauh Lampaui Angka Dunia

Red: Winda Destiana Putri
Republika/ Tahta Aidilla
Menteri Pariwisata Arief Yahya. (Republika/ Tahta Aidilla)
Menteri Pariwisata Arief Yahya. (Republika/ Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertumbuhan pariwisata Indonesia tahun 2014 silam berhasil mencapai angka 7,2 persen. Angka itu dianggap jauh melampaui angka pertumbuhan pariwisata kawasan Asia Pasifik sebesar 5 persen dan bahkan dunia yang hanya 4,7 persen.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan dirinya semakin optimis melihat tren pertumbuhan pariwisata nasional serta tren pariwisata dunia yang terus membaik.

"Kami optimis target 20 juta wisman di tahun 2019 akan tercapai," katanya dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona belum lama ini.

Dikatakan lebih lanjut, melihat negara tetangga yang sudah diatas 20 juta wisman, hal ini justru membuat Menpar Arief yakin pariwisata Indonesia akan melampaui target.

Dan untuk mewujudkan tekad tersebut, berbagai upaya harus dilakukan terutama dalam memperbaiki infrastruktur pariwisata, ICT (Information and Communication Technology), aksesibilitas serta regulasi.

Perbaikan infrastruktur diharapkan mampu mendongkrak daya saing pariwisata di tataran global dimana Indonesia saat ini masih berada di urutan ke-70 dan diharapkan mampu meningkat di posisi 30.