Selasa, 12 Maret 2013, 21:33 WIB

10 Tips 'Hunting' Tiket Pesawat Paling Murah (Bagian 1)

Rep: Nur Aini/ Red: Citra Listya Rini
citilink
Citilink
Citilink

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Membeli tiket pesawat kadang seperti berjudi. Bahkan, sebagian orang menganggapnya sebagai suatu seni yang memerlukan keahlian dan keberuntungan. 

Ada kalanya bisa mendapatkan tiket pesawat murah dari biasanya di luar masa promo. Namun, ada kalanya mendapatkan harga tiket yang tinggi meskipun sudah berminggu-minggu mencari.

Sejumlah maskapai menawarkan promo dengan aturan yang bisa dikatakan sedikit kejam. Harga murah hanya terlihat dalam beberapa detik. Ketika berhasil dipilih, ternyata tiket yang dimaksud sudah habis saat kita melakukan proses pembelian. Meski demikian, ada 10 tips yang bisa dipraktekkan untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga paling murah.

Berikut tips 'hunting' tiket pesawat untuk mendapatkan harga paling murah seperti dilansir dari howstuffworks.com:

1. Rencanakan perjalanan jauh-jauh hari.

Jika anda ingin pergi besok dan baru mencari tiket hari ini, maka kesempatan untuk mendapatkan tiket paling murah akan sangat kecil. Karena itu, semakin cepat anda mencari tiket, akan lebih baik.

Hampir sebagian besar maskapai merekomendasikan pembelian tiket setidaknya dua minggu sebelum hari keberangkatan. Itu kalau anda mau mendapatkan harga paling murah. Beberapa diantaranya bahkan merekomendasikan hingga lebih dari tiga minggu. 

Maskapai akan menaikkan harga tiket mendekati hari perjalanan. Hal itu dilakukan karena bisnis perjalanan tidak fleksibel. Untuk mengecek harga paling murah, akan lebih baik jika anda mencari berbulan-bulan sebelum hari keberangkatan. Bahkan, kalau perlu, anda mengecek harga tiket tidak hanya sekali dalam satu minggu. 

2. Sering-seringlah Cek Harga Tiket

Di luar masa promo, memang harga tiket paling murah dicantumkan dengan acak. Untuk mengecek harga tiket, anda bisa memanfaatkan sejumlah situs online seperti skyscanner.com atau langsung ke situs maskapai bersangkutan. 

Disarankan, anda mengecek harga tiket sesering mungkin. Tidak hanya sekali per hari tetapi beberapa kali. Meski absurd, idealnya, anda mengecek harga tiket tiap jam. 

Bersambung ke bagian ke-2..

loading...