Tuesday, 12 March 2013, 22:15 WIB

10 Tips 'Hunting' Tiket Pesawat Paling Murah (Bagian 2)

Rep: Nur Aini/ Red: Citra Listya Rini
Republika/Wihdan Hidayat
Sejumlah pesawat milik Maskapai Garuda Indonesia parkir di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten.
Sejumlah pesawat milik Maskapai Garuda Indonesia parkir di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk mendapatkan tiket murah, memang harus sedikit ribet. Berikut tipsnya dilansir Howstuffworks.com:

3. Buat Pemberitahuan Harga Tiket

Layanan pemberitahuan harga tiket biasanya disediakan oleh situs yang melayani pembelian tiket. Sejumlah situs melayani rute secara spesifik. Lainnya, anda sendiri yang harus membuat peringatan. 

Lantaran harga tiket berubah sangat sering, maka akan penting bagi anda untuk memesan dengan cepat begitu pemberitahuan datang. Meski demikian, sejumlah faktor kadang membuat harga tiket berubah secepat kilat. Jika anda berniat ke luar negeri seperti Eropa atau AS,  situs Expedia, Travelocity and Priceline merupakan situs terkenal yang menyediakan agen perjalanan.

4. Pertimbangkan Transit

Dalam perjalanan udara dikenal istilah transit yang memungkinkan harga tiket lebih murah. Jika anda tidak mempermasalahkan transit, karena punya banyak waktu maka pertimbangkan hal tersebut. 

Untuk membuat perjalanan dengan transit dahulu, khususnya untuk rute internasional, disarankan anda membuat dua pencarian. Pertama, cari rute. Misalnya anda ingin dari Jakarta ke Bangkok, anda bisa transit di Kualalumpur. Kedua, anda mencari rute lanjutan untuk penerbangan dari Kualalumpur ke Bangkok. 

5. Pertimbangkan Bandara Lain

Sebagian besar wisatawan memilih bandara internasional. Namun, sejumlah negara memiliki bandara lain yang lebih kecil. Maskapai sering menarik biaya penggunaan bandara kepada costumer. Bandara yang lebih kecil biasanya menarik biaya yang lebih kecil. Dengan itu, biaya yang harus ditanggung costumer pun lebih kecil.

Bersambung ke bagian ke-3..

loading...