Friday, 3 Zulqaidah 1435 / 29 August 2014
find us on : 
  Login |  Register

Wow, Ini Jurus Pengemudi Andong Tarik Wisatawan

Wednesday, 08 August 2012, 04:03 WIB
Komentar : 0
m sakir/republika
Andong di Malioboro
Andong di Malioboro

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA---Pengemudi andong di Kota Yogyakarta diminta memberikan pelayanan kepada wisatawan secara ramah dan santun terutama selama libur lebaran karena dipastikan akan ada peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke kota itu.

"Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta secara persuasif telah mengajak dan mengimbau pengemudi andong untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan dengan selalu bersikap ramah, santun dan memberikan informasi pariwisata yang baik," kata Kepala Bidang Pembinaan Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta Tri Mulatsih.

Menurut dia, upaya meningkatkan kemampuan serta komitmen pengemudi andong untuk bisa bersikap santun dan ramah ke wisatawan tersebut dilakukan dengan memberikan motivasi tentang sadar wisata ke pengemudi andong.

Pengemudi andong, lanjut dia, merupakan bagian tidak terpisahkan dari kepariwisataan Kota Yogyakarta dan merupakan angkutan tradisional ramah lingkungan yang masih menjadi favorit wisatawan.

"Andong bukan sekadar alat transportasi saja tetapi naik andong juga merupakan pengalaman yang menarik bagi penumpangnya, sehingga dapat menjadi oleh-oleh cerita tentang Yogyakarta," katanya.

Tri mengatakan, motivasi sadar wisata tersebut diharapkan akan meningkatkan kesadaran para pengemudi andong untuk terus berperan menjaga citra pariwisata di Kota Yogyakarta melalui sikap yang baik, ramah dan santun kepada wisatawan.

"Sebelumnya, kami juga telah memberikan motivasi perilaku sadar wisata ke pengemudi becak dan kini dilakukan kepada pengemudi andong," katanya.

Redaktur : Endah Hapsari
Sumber : Antara
Janganlah kamu memberi makanan yang kamu sendiri tidak suka memakannya.((HR. Ahmad))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar