Friday, 27 Safar 1436 / 19 December 2014
find us on : 
  Login |  Register

Mau Liburan Unik? Coba ke Museum Yuk

Friday, 20 July 2012, 02:09 WIB
Komentar : 1
wikipedia
Museum Vrederburg
Museum Vrederburg

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Museum kini menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat untuk mengisi liburan dan menambah wawasan apalagi museum memiliki nilai historis tinggi sebagai tempat penyimpanan sejarah.
"Museum merupakan lembaga resmi yang dibuat pemerintah untuk merawat, menyimpan, dan memamerkan kekayaan sejarah budaya Indonesia kepada masyarakat. Selain itu, museum juga berfungsi sebagai tempat penelitian arkeolog," kata Humas Museum Nasional, Oting Rudy Hidayat.

Hal ini juga dirasakan oleh pengunjung museum yang juga dijuluki Museum Gajah itu.
"Wisata ke museum itu seru, karena bisa menambah wawasan dan mengetahui bentuk peninggalan sejarah lagipula bosen kalau liburan ke mal terus, sekali-sekali ke museum nambah wawasan," ujar salah satu pengunjung bernama Ike.

Kebijakan pemerintah terkait program 'Kunjungi Museum' juga berpengaruh besar pada kenaikan jumlah pengunjung museum. Dari data pengunjung Museum Nasional Jakarta 2011, jumlah pengunjung 207.992 orang. Sedangkan pertengahan 2012 saja pengunjung sudah mencapai 102.256 orang, terdiri dari pengunjung anak-anak, dewasa (asing dan domestik), dan tamu khusus.
"Dilihat dari segi kuantitas pengunjung, masyarakat sudah mulai timbul kesadaran terhadap cagar budaya." tambah Oting.
Keunikan tersendiri

Wisata museum juga memiliki keunikan tersendiri, yaitu bisa belajar sambil rekreasi, dan melihat secara langsung bentuk peninggalan sejarah, kata Oting Rudy.
"Terakhir aku ke sini waktu masih SD, sekarang sudah banyak berubah keadaannya, jadi lebih bagus dan rapi. pergi mengunjungi museum jadi mengasyikan," kata salah satu pengunjung bernama Eka.

Di salah satu ruang museum juga sedang dijalankan program untuk pengunjung bertajuk 'Colouring Your Holiday'. Merupakan kegiatan mewarnai kain batik sepanjang 20 meter. Tak hanya pengunjung domestik saja yang ikut mewarnai batik, tapi pengunjung dari mancanegara juga antusias mewarnai batik. "Kegiatan mewarnai batik ini sangat baik dan menyenangkan." kata pengunjung asal Belgia, Coralie.

Redaktur : Endah Hapsari
Sumber : antara
Rasulullah SAW bersabda:"Barangsiapa yang berwudhu lalu menyempurnakannya, lunturlah dosa-dosanya hingga keluar dari bawah kuku-kukunya."( HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Andien Lebih Ngepop di Album Baru
JAKARTA --  Andien meluncurkan album keenamnya, "Let It Be My Way". Di album teranyarnya ini, Andien coba menyuguhkan alunan musik yang berbeda dari...