Friday, 7 Muharram 1436 / 31 October 2014
find us on : 
  Login |  Register

Inilah Tips Agar Rumah Aman Saat Pergi Berlibur

Tuesday, 19 June 2012, 18:40 WIB
Komentar : 1
2835nwoar.blogspot.com
Kunci rumah
Kunci rumah

REPUBLIKA.CO.ID, Berlibur memang kegiatan yang sangat menyenangkan. Namun, meninggalkan rumah untuk berlibur sering kali menimbulkan ke khawatiran. Dr, Diwan Rahul Nanda kepala dua perusahaan sekuriti terbesar, Topsgrup Securities & The Shield Grup, memberikan beberapa tips keamanan sederhana untuk melindungi rumah.

Berikut tips keamanaan, untuk menjaga rumah agar tetap aman selama berlibur:

  • Jangan meninggalkan kunci cadangan di dalam pot tanaman, kotak surat, atau di bawah keset. Hal ini membuat pencuri akan mudah menemukannya.  Lebih baik untuk menitipkannya pada tetangga yang dapat dipercaya.

 

  • Periksa semua jendela dan pintu agar terkunci, serta jangan lupa menutup tirai.

 

  • Selalu pastikan jendela dan pintu garasi tertutup atau jendela buram. Ini untuk menghindari pencuri agar tak mengetahui apakah mobil Anda, ada atau tidak.

 

  •  Jangan meninggalkan catatan di pintu rumah untuk anggota keluarga atau pembantu di rumah. Ini akan menginformasikan pada pencuri, bahwa Anda tak berada di rumah.

 

  • Simpan barang berharga, uang tunai, perhiasan dalam kotak penyimpanan yang aman. Untuk memastikan agar para pencuri tak memiliki akses mudah untuk mencuri.

 

  •  Buat nada dering telepon dalam volume minimum. Sebab jika telpon berbunyi berkali-kali tanpa ada yang menjawab, akan memberi tanda Anda tak ada di tempat.

 

  •  Jika Anda juga dapat membiarkan radio atau televisi menyala. Ini untuk menciptakan ilusi bahwa Anda ada di dalam rumah. Namun, pastikan semua aman agar tak terjadi kecelakaan yang justru membahayakan rumah Anda.

 

  •  Minta bantuan pada tetangga untuk mengambil pengiriman surat atau koran Anda. Hal tersebut agar, koran tak menumpuk sehingga membuat pencuri menyadari Anda tidak berada di rumah.

 

  • Sewa tukang kebun untuk membuat taman Anda tetap bersih. Taman yang terawat mengurangi kecurigaan Anda tidak berada di rumah.

 

  •  Letakkan pohon di dekat jendela, untuk menghalangi pencuri melihat atau mengintip ke dalam rumah.

 

  •  Namun yang paling penting adalah sebelum Anda pergi, beritahu tetangga bahwa Anda akan pergi. Minta mereka untuk mengawasi jika ada perilaku mencurigakan di depan rumah Anda.n c36/ Gita Amanda

 

Reporter : Gita Amanda
Redaktur : Heri Ruslan
Sumber : Female First
Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga, mereka kekal di dalamnya. (QS Al-Baqarah [2[:82)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Karya Seni Sebagai Media Dakwah
JAKARTA -- Seni dan agama kerap dipandang sebagai sesuatu yang bertolak belakang. Akan tetapi menurut Ustaz Erick Yusuf, seni dan agama memiliki koherensi...