Friday, 11 May 2012, 08:43 WIB

Wuih, Turis Amerika Makin Sering ke Bali

Red: Endah Hapsari
panoramio.com
 Kuta Beach, Bali (illustration)
Kuta Beach, Bali (illustration)

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR---Amerika Serikat kini masuk sepuluh besar negara terbanyak memasok turis ke Bali dengan jumlah wisatawan 20.825 orang dalam kurun waktu Januari hingga Maret 2012.

"Masyarakat negeri Paman Sam berkunjung ke Bali sebelumnya sangat sedikit. Namun, kini mampu menggeser kunjungan wisatawan asal Jerman," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, Gede Suarsa, Jumat (11/5).

Dengan demikian, kata Gede Suarsa, warga negara AS yang berwisata ke Bali selama tiga bulan itu terjadi peningkatan 7,42 persen dari total turis pada periode sama 2011 tercatat 19.386 orang.

Mereka sebagian besar melalui Bandara Ngurah Rai dengan menumpang pesawat yang terbang langsung dari negaranya, hanya 1.336 orang yang datang lewat pelabuhan laut dengan menumpang kapal pesiar.

Ia menyebutkan dari sepuluh negara terbanyak memasok turis ke Bali, tujuh negara di antaranya mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Selain AS, wisatawan negara lain yang juga hobi ke Bali adalah Australia, Cina, Korsel, Rusia, Singapura, dan Inggris.

Sumber : Antara
loading...