Wednesday, 8 Zulqaidah 1435 / 03 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

Hii, Inilah Kota Mati Chernobyl Itu Kini

Monday, 30 April 2012, 11:04 WIB
Komentar : 0
funny.funnyoldplanet.com
Salah satu sudut Kota Chernobyl
Salah satu sudut Kota Chernobyl

REPUBLIKA.CO.ID, Sekitar 26 tahun lalu, dunia dikejutkan dengan meledaknya reaktor nuklir di Chernobyl, Ukraina. Ledakan yang ditimbulkan berkekuatan 400 kali lebih besar dari ledakan bom atom di Hiroshima, Jepang.

Tidak heran efek ledakan reaktor nuklir di Chernobyl dirasakan sampai wilayah Inggris dan sebagian besar kawasan Eropa Utara. Peristiwa meledaknya Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir tersebut masih dirasakan dampaknya sampai sekarang, salah satunya adalah penyakit kanker yang disebabkan oleh radiasi.

Ledakan reaktor nuklir Chernobyl dikenang sebagai tragedi yang mendalam. Ratusan ribu penduduk terpaksa dievakuasi karena kota tersebut hancur dan tidak dapat dihuni lagi sehingga menjadi kota mati. Saat ini sekitar radius 48 km dari pusat ledakan reaktor masih dinyatakan sebagai zona eksklusif yang terkontaminasi sehingga dikosongkan dan ditutup untuk umum.

Walaupun saat ini situasi kota tersebut sangat mencekam karena telah menjadi kota mati, rupanya animo wisatawan melakukan kunjungan ke lokasi bekas tragedi nuklir tersebut sangat besar. Hal inilah yang mendorong pemerintah Ukraina untuk mengembangkan sebagian kawasan Chernobyl menjadi area wisata untuk mengenang tragedi nuklir tersebut.

Para ahli mengembangkan rute yang aman secara medis untuk tujuan wisata di kawasan bencana tersebut, kata Juru bicara Kementrian Keadaan Darurat Ukraina, Yulia Yershova. 

Berminat berwisata ke sana?

Redaktur : Endah Hapsari
Sumber : rumahbacaonline.com
Tiadakah kamu mengetahui bahwa kerajaan langit dan bumi adalah kepunyaan Allah? Dan tiada bagimu selain Allah seorang pelindung maupun seorang penolong. ((QS. Al-Baqarah [2]:107))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Alhamdulillah, Masjid Pertama di Alaska Resmi Dibuka
ALASKA -- Alhamdulillah, sebuah masjid di Alaska resmi dibuka sekaligus menjadi bangunan masjid pertama disana. Seperti dilansir dari Onislam.com, Selasa (2/9), masjid ini...