Jumat , 20 Januari 2012, 21:54 WIB

Top, KRI Dewaruci Kembali Keliling Dunia

Red: Endah Hapsari
indonesia.travel
KRI Dewaruci
KRI Dewaruci

REPUBLIKA.CO.ID, Masih ingat dengan kapal layar KRI Dewaruci yang legendaris karena telah mengelilingi dunia dan mengharumkan nama Indonesia? Kapal layar terbesar milik TNI Angkatan Laut yang berbasis di Surabaya tersebut turut mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia di beberapa negara yang disinggahinya.

Kali ini KRI Dewaruci melakukan misi pelayaran yang terakhir dalam "Kartika Jala Krida" (KJK). Kapal legendaris yang namanya diambil dari nama dewa dalam mitologi pewayangan Jawa, yaitu Dewa Ruci, direncanakan mengunjungi 21 kota di 11 negara berbeda selama sekitar 277 hari sejak 15 Januari hingga 16 Oktober 2012.

Misi muhibah sejauh lebih dari 27 ribu mil laut tersebut bertujuan untuk mempromosikan beberapa atraksi budaya dan beragam destinasi wisata Indonesia. Selain itu, KRI Dewaruci dalam pelayarannya kali ini juga untuk mengikuti Operation Sail 2012 di Amerika Serikat dalam rangka 200 tahun peringatan perang (200th Anniversary of the War).

Pelayaran kebangsaan kali ini merupakan momentum yang sangat penting dalam sejarah pengabdian KRI Dewaruci, mengingat setelah pelayaran ini kapal legendaris tersebut tidak akan berlayar lagi ke luar negeri karena selanjutnya digantikan oleh kapal baru dengan jenis dan tipe yang sama. 

KRI Dewaruci dibuat tahun 1952 oleh H.C. Stulchen dan Sohn Hamburg, Jerman Barat. Baru diresmikan penyelesaiannya pada 24 Januari 1953. Kapal ini merupakan satu-satunya kapal layar tiang tinggi produk galangan kapal yang masih laik layar dari tiga yang pernah diproduksi. Pada Juli 1953 kapal ini dilayarkan ke Indonesia oleh taruna AL dan kadet ALRI.

Sumber : rileks.com/indonesia travel

Berita Terkait