Ahad 03 Jul 2011 08:43 WIB

Abah Alwi Ajak Pecinta Sejarah Telusuri Jejak Portugis di Kampung si Pitung

Rep: Agung Sasongko/ Red: Didi Purwadi
Melancong Bareng Abah Alwi
Melancong Bareng Abah Alwi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Untuk kali kelima, Melancong Bareng Abah Alwi kembali digelar. Kali ini, Melancong Bareng Abah Alwi mengajak pecinta sejarah Jakarta untuk menelusuri Jejak Portugis di Kampung Si Pitung.

Alwi Shahab, wartawan senior Republika dan pemerhati sejarah Jakarta, mengatakan kendati tidak menjajah Batavia, Portugis memiliki pengaruh terhadap keragaman warga Batavia. Itu tercermin dari kehadiran kampung Tugu. Keberadaan kampung ini melengkapi kampung-kampung yang sudah lebih dulu ada. Sebut saja, kampung Arab, kampung Melayu, kampung Bali atau kampung Makassar.

"Kampung Tugu merupakan sumbangan Portugis terhadap keragaman Batavia," kata dia kepada peserta Melancong Abah Alwi Edisi Menelusuri Jejak Portugis di Kampung si Pitung.

Sementara si Pitung, kata Abah, merupakan legenda Betawi yang dikenal luas. Konon, cerita si Pitung serupa dengan kisah Robin Hood dari Inggris. Karena itu, banyak warga Betawi yang menyebutnya sebagai Robin Hood Betawi. "Kisah Pitung ini menarik untuk telusuri. Apalagi dalam satu kisah, Pitung juga getol melawan kompeni (penjajah Belanda)," kata Abah.

Dikatakan Abah, untuk menelusuri dua cerita sejarah tersebuh, dirinya akan mengajak para peserta Melancong menuju masjid Al-alam, Rumah si Pitung, jejak Portugis di Kampung Tugu, dan Stasiun Tanjung Priok.

Seperti Melancong Bareng Abah Alwi sebelumnya, peserta yang ikut begitu beragam. Mulai dari anak-anak hingga orang tua. Kesemuanya mempunyai pendapat yang sama bahwa jalan-jalan sembari belajar sejarah sungguh menyenangkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement