Sabtu 26 Jun 2010 02:53 WIB

Musim Liburan, Taman Pintar di Yogyakarta Banjir Pengunjung

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Tingkat kunjungan wisatawan ke tempat wisata edukasi Taman Pintar di Kota Yogyakarta selama musim liburan sekolah mengalami kenaikan hampir 300 persen bahkan lebih pada saat akhir pekan.

"Kunjungan rata-rata dalam satu hari selama musim libur sekolah bisa mencapai 8.000 orang, dengan tingkat kunjungan pada hari biasa adalah 3.000 orang," kata Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Edy Heri Suasana di Yogyakarta, Jumat (25/6).

Menurut dia, tingkat kunjungan ke Taman Pintar pada akhir pekan seperti Sabtu dan Minggu bahkan bisa mencapai 14.000 orang hingga 16.000 orang.

Dia memperkirakan kunjungan ke Taman Pintar masih akan tetap padat hingga pertengahan Juli.

Selama libur sekolah, pihak Taman Pintar menambah jam buka pelayanan loket dari semula hingga pukul 16.00 WIB menjadi pukul 17.30 WIB, sementara pelayanan kepada pengunjung diperpanjang hingga pukul 18.30 WIB.

Begitu pula dengan Sabtu dan Minggu, Taman Pintar membuka loket lebih pagi yaitu menjadi pukul 08.30 WIB dari semula pukul 09.00 WIB dan tutup pada pukul 18.30 WIB.

"Pengunjung yang memanfaatkan layanan pada sore hari ini cukup banyak. Perpanjangan jam layanan ini juga atas usul dari pengunjung," katanya.

Perpanjangan jam buka layanan pengunjung tersebut hanya akan dilakukan Taman Pintar hingga 12 Juli mendatang, namun pembukaan loket lebih pagi pada Sabtu dan Minggu akan menjadi jadwal permanen.

Taman Pintar, lanjut dia, juga membuka pelayanan pada Senin yang dimulai pada 14 Juni hingga 12 Juli.

"Senin, biasanya kami manfaatkan untuk perawatan alat, tetapi khusus liburan sekolah ini, kami buka pada Senin dan perawatan alat dilakukan setiap malam hari," lanjutnya.

Zona baru yang dimiliki Taman Pintar yaitu Zona Agro yang menampilkan perkebunan dan pengolahan kelapa sawit, kata Edy, mendapatkan kunjungan yang cukup banyak dari wisatawan. Taman Pintar juga akan membuka zona baru di Gedung Oval lantai dua yaitu zona kelistrikan.

Sementara itu, tempat wisata lain di Kota Yogyakarta yaitu Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka juga dipadati pengunjung selama libur sekolah.

Di kebun binatang tersebut, selain dapat melihat ratusan koleksi satwa mamalia, burung, reptil dan ikan, pengunjung juga dapat mencoba beragam permainan air di lokasi wisata tersebut.

Seperti perahu hiu, sekuter air, kano, atau berfoto bersama satwa seperti Orang Utan, burung dan juga berkeliling kebun binatang dengan Onta atau Gajah serta dengan kereta mini.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement