Monday, 3 Jumadil Akhir 1439 / 19 February 2018

Monday, 3 Jumadil Akhir 1439 / 19 February 2018

Benda yang Perlu Disingkirkan dari Kamar Mandi (1)

Jumat 09 February 2018 05:11 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Winda Destiana Putri

Benda di dalam kamar mandi. Ilustrasi

Benda di dalam kamar mandi. Ilustrasi

Foto: Sciencealert
Lemari penyimpanan kecil di kamar mandi biasanya menjadi 'sarang' bertumpuknya benda.

REPUBLIKA.CO.ID, Kotak obat atau lemari penyimpanan kecil di kamar mandi biasanya menjadi 'sarang' bertumpuknya benda-benda yang sebenarnya sudah tidak diperlukan. Padahal, lemari kecil di kamar mandi ini perlu diperhatikan sesering mungkin agar kebersihan kamar mandi tetap terjaga dengan baik.

Seperti dilansir Science Alert, ada 11 benda yang biasa 'bersarang' di kamar mandi dan sebaiknya dibuang. Berikut ini adalah kesebelas benda tersebut menurut para ahli.

Sikat Gigi

American Dental Association mengungkapkan bahwa sikat gigi sebaiknya diganti setiap tiga atau empat bulan sekali. Sikat gigi bisa diganti lebih cepat jika bagian sikatnya sudah terlihat buruk.

Sikat gigi perlu diganti secara berkala karena dapat menjadi rumah bagi kuman untuk tinggal. Oleh karena itu, sikat gigi yang sudah terpakai lebih dari empat bulan harus segera disingkirkan dari kamar mandi.

Pasta Gigi

Seperti halnya sikat gigi, pasta gigi yang sudah terlalu lama juga sebaiknya disingkirkan dari kamar mandi. Menggunakan sikat gigi yang sudah kedaluwarsa memang tidak berbahaya, akan tetapi kandungan fluoride dalam pasta gigi yang sudah melewati masa kedaluwarsa biasanya tidak lagi bekerja dengan baik. Pasta gigi kedaluwarsa juga biasanya sudah memiliki konsistensi yang berbeda.

Tabir Surya

Food and Drug Administration mengharuskan seluruh produk tabir surya untuk mampu befungsi dengan baik selama tiga tahun. Melewati masa tiga tahun, tak ada garansi jika tabir surya tersebut masih memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV atau tidak.

Tabir surya yang sudah melewati masa kadalursa harus segera dibuang. Tabir surya yang tak memiliki tanggal kedaluwarsa juga harus dibuang setelah tiga tahun. Tabir surya yang mengalami perubahan warna atau konsisteni meski belum mencapai masa kedaluwarsa juga harus segera dibuang.

Kosmetik

Beragam produk kosmetik, mulai dari krim wajah hingga riasan harus dibuang jika sudah menunjukkan tanda-tanda perubahan. Perubahan yang dimaksud adalah perubahan dari segi warna, aroma, konsistensi maupun pertumbuhan jamur dan bakteri.

Perubahan warna dan aroma yang dramatis dalam hal ini perlu diwaspadai. Aroma tengik yang keluar dari produk kosmetik mengindikasikan bahwa kandungan minyak dalam produk tersebut telah berubah menjadi buruk.

Perubahan konsistensi biasanya paling jelas terlihat pada produk kosmetik tabir surya. Sedangkan pertumbuhan jamur atau bakteri bisa terlihat dari timbulnya warna kehitaman atau keabu-abuan pada produk.

Obat-Obatan

Seperti halnya produk lain, obat-obatan yang sudah memasuki masa kedaluwarsa harus segera dibuang. Sebagian obat-obatan memang masih memiliki efek dan aman meski tidak maksimal. Akan tetapi, tanggal kedaluwarsa harus tetapi diperhatikan dan dipatuhi demi keamanan dalam penggunaan atau konsumsi obat. Terlebih ada beberapa jenis obat yang sama sekali tidak boleh digunakan setelah melewati masa kedaluwarsa, misalnya nitrogliserin, insulin dan antibiotik cair.

Di sisi lain, penyimpanan obat di kamar mandi sebaiknya dihindari. Alasannya, obat-obatan lebih baik disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Kamar mandi bukanlah tempat yang sesuai dengan kriteria tersebut mengingat keadaan kamar mandi yang cenderung lembap.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Jujitsu West Java Open Championship I

Ahad , 18 February 2018, 20:49 WIB