Thursday, 10 Sya'ban 1439 / 26 April 2018

Thursday, 10 Sya'ban 1439 / 26 April 2018

Cara Belanja Daring Tetap Aman

Rabu 20 December 2017 05:34 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Winda Destiana Putri

Belanja Online. Ilustrasi

Belanja Online. Ilustrasi

Foto: USAToday

REPUBLIKA.CO.ID, Kebiasaan berbelanja daring terus meningkat. Kemudahan dan kepraktisan menjadi salah satu tawaran yang tidak diberikan ketika berbelanja konvensional.

Tapi, ternyata berbelanja daring tidak selalu didukung dengan hal-hal yang baik. Belanja daring pun ternyata memiliki risiko dan kerawanan dalam keamanan. Dikutip dari USAtoday, berikut ini cara agar nyaman berbelanja daring.

Koneksi Internet yang Aman

Selalu gunakan koneksi internet yang aman saat melakukan pembelian. Situs web terkemuka menggunakan teknologi seperti SSL (Secure Socket Layer) yang mengenkripsi data selama pengiriman.

Cara mudahnya dengan melihat gambar gembok kecil yang berada di samping lamat atau URL yang dimulai dengan"https" dan bukan "http" sebagai "s" singkatan dari secure atau aman. Dengan jaminan itu, maka penggunaan kartu kredit akan lebih terjamin keamanannya.

Pemilihan Metode Pembayaran

Hanya berbelanja di situs yang menggunakan metode pembayaran yang aman, seperti kartu kredit dan PayPal. Dengan dua pilihan tersebut akan memberikan perlindungan kepada pembeli kalau-kalau ada perselisihan.

Kata Sandi

Dalam berbelanja daring sering kali menggunakan akun untuk masuk dalam pemesanan. Penting untuk menggunakan kata sandi yang kuat, seperti menggunakan minimal tujuh karakter yang terdiri dari kombinasi angka, huruf, simbol, bahkan karakter dengan huruf kapital. Mengubah kata sandi secara rutin pun diperlukan agar lebih menjamin keamanan akun berbelanja.

Periksa Reputasi Penjual

Saat sudah memutuskan barang yang ingin dipesan, tidak ada salahnya memeriksa terlebih dahulu reputasi toko tersebut. Baca komentar sebelum membeli produk akan lebih menjelaskan keterangan bagaimana sikap dan barang yang dijual oleh penjual.

Aplikasi Belanja Palsu

Ratusan aplikasi ritel palsu muncul di Apple'sApp Store dan Google Play dengan harapan bisa menipu pembeli agar mengunduh dan menggunakannya. Serupa dengan email "phishing" yang terlihat seperti berasal dari toko yang sah, aplikasi palsu yang lengkap dengan logo dan pesan pemasaran yang meyakinkan ingin mengambil informasi kartu kredit dan mencuri identitas. Beberapa telah ditemukan mengandung perangkat lunak perusak (perangkat lunak berbahaya) yang juga dapat menginfeksi perangkat seluler.

Pastikan mengunduh aplikasi belanja daring dari situs resmi perusahaan. Cek juga penilaian orang lain tentang aplikasi tersebut sebelum mengunduhnya dan mencoba berbelanja.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES