Ahad , 27 Agustus 2017, 16:18 WIB

Wajah Anda Proporsional? Hitung dengan Cara Ini

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Boldsky
Wajah cantik (Ilustrasi)
Wajah cantik (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Apakah Anda memiliki wajah proporsional? Ingin tahu ukuran proporsional itu seperti apa? Ada loh salah satu cara menghitung wajah Anda proporsional atau tidak? Penasaran? Ikuti saja artikel ini.

General Manager Merz Indonesia, Ricardo Manaloto mengatakan setiap orang memiliki pendapat pribadi yang berbeda-beda tentang kecantikan wajah. MAAT Golden Ratio Search menggunakan ilmu pengukuran untuk menciptakan kesadaran publik bahwa rasio simetri wajah juga merupakan bagian dari kecantikan.

"Wanita yang memiliki pengetahuan tentang proporsi dan bentuk wajah akan mampu menyesuaikan penampilan wajahnya sehingga cocok dengan dirinya," ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, belum lama ini.

Pakar Dermatolog dan juga Juri dalam ajang MAAT Golden Ratio Search,  dr. Adri Dwi Prasetyo, Sp.KK menjelaskan MAAT1 Golden Ratio Search menggunakan model dan rasio matematis untuk menghitung proporsi dan daya tarik wajah. Dengan teknik Golden Ratio, akan membantu para ahli estetik untuk menghitung proporsi wajah dan menentukan treatment apa yang dibutuhkan seperti filler, botulinum toxin, dan yang terbaru adalah UltherapyTM, sehingga menghasilkan wajah yang cantik serta juga terlihat proporsional dan simetris.” dr. Adri Dwi Prasetyo.

Ia menjelaskan perhitungan Golden Ratio, yaitu The Golden Ratio  (rasio panjang dan lebar wajah) dimana garis wajah dari bagian trichion  (bagian paling atas dahi atau garis rambut) hingga ke bagian menton (bagian paling bawah dagu), dan juga garis wajah dari bagian pipi paling kiri ke yang paling kanan perbandingannya harus 1.618:1

Berikutnya proporsi wajah horizontal, yaitu bagian atas (trichion3 ke glabellar atau area wajah antara alis kanan dan kiri), bagian tengah (bagian glabellar5 ke pangkal hidung) dan bagian bawah wajah (pangkal hidung ke bagian menton4) masing-masing harus proporsional yaitu 1/3 wajah. Berikutnya simetri wajah yaitu wajah bagian kanan harus sama simetris dengan yang bagian kiri.

Pakar Estetik, dr. Kevin Maharis menambahkan banyak treatment kecantikan yang selama ini ditawarkan untuk membuat wajah menjadi lebih terlihat proposional, misalnya mengubah bentuk dagu, rahang, dan tulang pipi yang optimal. "Untuk menghindari hasil yang tidak proporsional dengan bentuk wajah, formula Golden Ratio dapat membantu para ahli estetika untuk membentuk wajah yang proporsional."

Pakar kecantikan Affi Assegaf mengatakan penting bagi seseorang untuk mengetahui proporsi dan bentuk wajahnya, agar dapat menentukan serta menyesuaikan penampilan yang cocok dengan wajahnya, mulai dari gaya rambut maupun make-up.

Menurut literatur medis, ada lima jenis bentuk wajah, dan kelima jenis tersebut  dimiliki oleh masyarakat di Indonesia. Yaitu bentuk wajah segitiga terbalik, bentuk wajah oval, bentuk wajah oblong, bentuk wajah bulat dan bentuk wajah persegi.