Jumat , 10 Maret 2017, 16:50 WIB

Tips Mudik Nyaman Naik Kereta

Rep: Novita Intan/ Red: Winda Destiana Putri
Republika/Wihdan Hidayat
Kereta Api
Kereta Api

REPUBLIKA.CO.ID, Saat lebaran tiba rasanya tidak lengkap jika tanpa melakukan mudik, apalagi jika orang tua ada di kampung halaman. Momen lebaran harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menyambung tali silaturahmi dan saling memaafkan sesuai dengan perintah agama.

Jarak rumah yang jauh seringkali menjadi kendala saat mudik, ingin memakai kendaraan pribadi pasti sangat melelahkan. Naik bus juga malas dengan macetnya. Sedangkan naik pesawat terlalu mahal, maka solusi yang paling pas adalah dengan naik kereta api.

Namun Anda juga harus mempersiapkan diri sebelumnya agar perjalananmu makin nyaman dan seru. Lalu apa saja yang bisa kamu lakukan? berikut ini ulasan selengkapnya.

Project Manager Traveloka, Arnold Pramudita mengatakan bagi anda yang termasuk pemudik menggunakan kerata api, ada baiknya mempersipakan diri agar mudik tahun ini bisa lebih nyaman. Berikut 3 tips mudik nyaman naik kereta api, antara lain

Rencanakan Jauh Hari

Memesan tiket kereta api secara online mempermudah pemesanan menjadi lebih cepat dan praktis. Jika memesan tiket kereta api di loket stasiun besar, akan memakan waktu beberapa menit untuk menunggu dan memperoleh nomor antrian sampai akhirnya memperoleh tiket di tangan. "Pesan tiket sebaiknya juga dilakukan jauh hari atau 90 hari sebelum keberangkatan," ucap Arnold.

Selain tiket online lebih cepat dan lebih praktis, harga tiket online pun lebih murah degan harga yang bersaing. Kita juga bisa mempunyai banyak pilihan untuk memilih kelas dan tempat duduk. Kekurangan dari memesan tiket online hanyalah pemesanan tiket diberikan kode booking, yang selanjutnya kode booking ini harus dicetak untuk menjadi tiket.

Siapkan Tanggal Alternatif

Ada baiknya Anda mencari tanggal alternatif apabila terjadi pemenuhan keberangkatan dan kepulangan pemudik. Ini dilakukan agar Anda tetap bisa mudik di kampung halaman.

Bawa Barang Secukupnya

PT KAI sudah melakukan pembatasan berat bawaan yang bisa dinaikan ke kereta seberat 20 kilogram saja. Oleh karena itu, para pemudik disarankan tidak membawa banyak barang bawaan. Selain akan mempersulit garak ketika naik dan turun dari kereta, bawaan barang yang banyak melebihi 20 kg juga akan dikenai biaya tambahan.