Rabu , 04 Januari 2017, 14:32 WIB

Cara Mudah Terapkan Smart Space di Rumah

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah
homedit.com
Cermin di Dinding
Cermin di Dinding

REPUBLIKA.CO.ID, Menerapkan smart space alias tata ruang efisien dan cerdas akan membuat rumah menjadi jauh lebih nyaman. Simak sejumlah cara berikut agar kondisi kamar yang kacau tak lagi terlihat di kediaman Anda.

Sambutan hangat

Buat rumah dan kamar memberikan sambutan hangat setiap kali Anda baru tiba dari bekerja atau bepergian. Caranya, tempatkan barang favorit seperti lukisan atau poster di tempat yang kali pertama dilihat saat pulang sehingga Anda selalu merasa bahagia di rumah.

Berpikir vertikal

Ruang di rumah sebenarnya lebih luas dari yang Anda kira. Yang harus dilakukan adalah mengubah orientasi dengan berpikir vertikal dalam menata ruang. Baik itu tempelan kulkas, tumpukan sepatu, mainan, sampai susunan aksesoris di dinding.


Cermin

Cermin tidak hanya berguna untuk memastikan penampilan sudah sempurna. Meletakkannya di dinding juga akan mrnciptakan ilusi ruang yang lebih lapang, selain menyebarkan cahaya sehingga ruangan terkesan lebih cerah.

Aksesoris botanikal

Tanaman hias adalah aksesoris sempurna untuk ruangan, mengingat fungsinya membersihkan dan mengoksidasi udara serta menurunkan tingkat stres. Untuk pemula, pilih tanaman laba-laba alias lili paris dalam ruangan yang hanya membutuhkan perawatan praktis.

Limpahan sinar matahari

Tak ada salahnya menampung banyak sinar matahari, sumber energi kuat yang mendapatkannya tidak dikenakan biaya apa pun. Rancang satu sudut dalam rumah yang bisa mendapat limpahan sinar matahari untuk tempat berjemur atau mengisi daya power bank tenaga surya.

Optimalkan Wi-Fi

Rumah cerdas tentunya akses pada jaringan internet, sehingga Wi-Fi harus optimal dengan menempatkan //router// secara tepat. Sebagai informasi, router cukup sensitif terhadap permukaan kaca atau batu-bata sehingga titik paling baik adalah tempat terbuka di tengah rumah, setinggi mungkin dari tanah.